Breaking News:

Lapas Majalengka Tingkatkan Pembinaan Kemandirian Bagi Narapidana, Kerjasama dengan Disperindag

Selanjutnya, Kalapas mengatakan, ke depannya pihaknya akan menciptakan unit-unit produksi yang dapat menyerap tenaga kerja bagi WBP.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Sekdis Disperindag Majalengka dan Ketua BLK Diamond meninjau langsung kegiatan Peningkatan Pembinaan Kemandirian bagi para WBP yang langsung diterima oleh Kalapas Majalengka, Kamis (17/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Lapas Kelas II B Kabupaten Majalengka terus berupaya membangun dan meningkatkan pelayanan terbaik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (17/6/2021).

Salah satunya, melakukan peningkatan pembinaan kemandirian bagi WBP dalam bidang las dan perkayuan bersertifikat.

Menurut Kepala Lapas (Kalapas) Majalengka, Suparman, pada hakikatnya lapas ada untuk memberikan pembinaan kepada narapidana sebagaimana yang diamanahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Lapas memiliki peranan dalam memberikan pembinaan bagi WBP, baik berupa pembinaan mandiri maupun pembinaan kepribadian,” ujar Suparman, Kamis (17/6/2021).

Sekdis Disperindag Majalengka dan Ketua BLK Diamond meninjau langsung kegiatan Peningkatan Pembinaan Kemandirian bagi para WBP yang langsung diterima oleh Kalapas Majalengka, Kamis (17/6/2021).
Sekdis Disperindag Majalengka dan Ketua BLK Diamond meninjau langsung kegiatan Peningkatan Pembinaan Kemandirian bagi para WBP yang langsung diterima oleh Kalapas Majalengka, Kamis (17/6/2021). (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

Selanjutnya, Kalapas mengatakan, ke depannya pihaknya akan menciptakan unit-unit produksi yang dapat menyerap tenaga kerja bagi WBP.

Sehingga dapat dipastikan seluruh WBP dapat mengikuti semua kegiatan pembinaan kepribadian.

"Saya berharap ini bisa berlanjut dan dapat menarik para pelaku usaha untuk bisa bekerjasama dengan Lapas Majalengka dalam program Pembinaan Kemandirian Warga Binaan," ucapnya.

Dalam peningkatan pembinaan kemandirian bagi WBP ini, Lapas Majalengka bersinergi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan BLK Diamond.

Baca juga: Puluhan Napi Lapas Kelas II B Majalengka Ikuti Pelatihan Keterampilan, untuk Bekal Saat Bebas Nanti

Kegiatan tersebut juga dipantau langsung oleh Sekdis Disperindag, Irwan dan Ketua BLK Diamond, Dadan Taufik.

Dalam tanggapannya, Irwan mengapresiasi program Pembinaan Kemandirian yang sudah berjalan di lapas.

Seperti yang sekarang sedang berjalan, yaitu pelatihan las dan perkayuan bersertifikat. 

"Ke depannya kami akan mendorong semua pelaku usaha di Majalengka untuk peduli dan mau bekerjasama dengan Lapas Majalengka dalam program Pembinaan Kemandirian Narapidana, karena saya melihat banyak potensi dan bakat yang bisa digali di sini."

"Kalau kita arahkan dan bina dengan keterampilan kemandirian sebagai bekal buat mereka setelah keluar nanti. Sehingga, bisa bermanfaat untuk mereka dan perkembangan dunia usaha di Majalengka," jelas Irwan.

Baca juga: Napi Terorisme di Lapas Majalengka Bebas, Langsung Ucap Ikrar Setia NKRI

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved