Breaking News:

Pemilu 2024

Jihan Fahira hingga Komeng Dapat Dukungan Warga Kabupaten Cirebon Maju DPD RI di Pemilu 2024

Sederet nama artis papan atas Indonesia tampaknya mendapat dukungan dari warga Kabupaten Cirebon untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
tribunnews
Ilustrasi Pemilu 2024 - Jihan Fahira hingga Komeng Dapat Dukungan Warga Kabupaten Cirebon Maju DPD RI 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Sederet nama artis papan atas Indonesia tampaknya mendapat dukungan dari warga Kabupaten Cirebon untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI pada Pemilu 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraam Pemilu, Apendi, mengatakan, terdapat beberapa tokoh dan artis yang maju DPD RI telah mengantongi dukungan dari warga Kabupaten Cirebon.

Baca juga: VIRAL Caleg PKB 2019 di Majalengka Jadi Anggota PPS untuk Pemilu 2024, Begini Kata Pengurus PKB

Menurut dia, data tersebut berdasarkan informasi dari KPU Jawa Barat, karena daerah pemilihan (dapil) DPD RI mencakup satu provinsi dan KPU Kabupaten Cirebon mendapat amanat untuk verifikasi admnistrasi (vermin) dukungan itu.

"Kami sudah melakukan vermin dukungan dari warga Kabupaten Cirebon pada tahap pencalonan, dan saat ini sedang tahap perbaikan," ujar Apendi saat ditemui di KPU Kabupaten Cirebon, Jalan R Dewo Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (26/1/2023).

Ia mengatakan, sejauh ini figur publik atau artis yang mendapat dukungan paling banyak dari warga Kabupaten Cirebon ialah Jihan Fahira yang mencapai 232 orang.

Selain itu, ada pula Komeng yang mendapat 126 dukungan, Adil Makmur mendapat 36 dukungan, Edi Kusdiana mendapatkan 33 dukungan, dan Aceng Fikri 11 dukungan.

Pihaknya mengakui, jumlah dukungan yang berbeda-beda itu dikarenakan sebaran dukungan yang didapatkan setiap bakal calon minimal 50 persen dari total daerah di Jawa Barat.

"Sesuai regulasinya, syarat bakal calon anggota DPD RI minimal mendapatkan 5000 dukungan masyarakat dari 14 kota dan kabupaten di Jawa Barat," kata Apendi.

Baca juga: Pimpinan Partai di Majalengka Sepakat Tolak Penerapan Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Apendi menyampaikan, dalam tahap perbaikan diutamakan pada bakal calon yang belum memenuhi persyaratan minimal 5.000 dukungan, sehingga mereka harus menambahnya.

Sementara bagi bakal calon yang telah memenuhi syarat minimal dukungan tidak diwajibkan menambahnya. Namun, tetap diperbolehkan apabila mereka ingin menambah dukungannya.

"Sejauh ini, terdapat 52 orang yang mengirimkan berkas dukungan untuk mencalonkan DPD RI, tetapi kami belum menerima data berapa banyak yang menenuhi syarat dan belum menenuhi syarat," ujar Apendi.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved