Breaking News:

Calon Anggota PPS se-Kabuaten Cirebon Ikuti CAT Mulai Hari Ini, Ada 3.400-an Orang

Ada 3.400 orang yang mengikuti seleksi sebagai anggota PPS di Kabupaten Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribuncirebon.com/Siti Masithoh
Ilustrasi KPU Kabupaten Cirebon. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Ribuan peserta mengikuti seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kabupaten Cirebon yang menggunakan metode CAT mulai hari ini.

Dikutip dari laman resmi KPU Kabupaten Cirebon di https://kab-cirebon.kpu.go.id jumlah peserta yang akan mengikuti CAT seleksi anggota PPS tersebut mencapai 3.466 orang.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Cirebon, Khusnul Khotimah, mengatakan, mereka akan mengikuti CAT secara bertahap.

Menurut dia, seleksi CAT dimulai pada hari ini hingga Jumat (13/1/2023) di Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

"Mereka yang lolos seleksi ini akan ditugaskan sebagai PPS di 424 desa dan kelurahan se- Kabupaten Cirebon," kata Khusnul Khotimah saat ditemui di Kampus 2 UMC, Senin (9/1/2023).

Ia mengatakan, ribuan peserta yang mengikuti CAT kali ini telah melewati tahap seleksi administrasi dari total 4.000-an orang yang mendaftar seleksi PPS melalui aplikasi Siakba.

Nantinya, para peserta yang lolos tes tertulis CAT akan mengikuti tahap selanjutnya, yakni tes wawancara sebelum dilantik menjadi anggota PPS pada akhir bulan ini.

Pihaknya mengakui, kebutuhan anggota PPS di desa dan kelurahan se- Kabupaten Cirebon tidak sampai 40 persen dari total peserta yang mengikuti seleksi CAT kali ini.

"Kebutuhan PPS di Kabupaten Cirebon kira-kira 1272 orang, dan nantinya di setiap desa serta kelurahan terdapat tiga anggota PPS untuk Pemilu 2024," ujar Khusnul Khotimah.

Ia menyampaikan, tugas utama PPS adalah membantu KPU Kabupaten Cirebon dalam melaksanakan seluruh tahapan Pemilu dan Pileg 2024 sesuai amanat undang-undang dan PKPU.

Pihaknya berharap, seleksi tersebut dapat menghasilkan anggota PPS yang berintegritas demi kelancaran dan terjaganya kondusivitas Pemilu 2024 di Kabupaten Cirebon.

"Seleksi CAT dibagi empat sesi setiap harinya, di antaranya, sesi 1 pukul 08.00 WIB - 09.30 WIB, sesi 2 pukul 10.30 WIB - 12.00 WIB, sesi 3 pukul 13.00 WIB - 14.30 WIB, sesi 4 pukul 15.30 WIB - 17.00 WIB," kata Khusnul Khotimah.

Baca juga: 200 PPK se-Kabupaten Cirebon Dilantik, KPU Sebut Langsung Bekerja Mulai Hari Ini

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved