Breaking News:

Kesehatan

7 Cara Mudah yang Anda Bisa Lakukan di Rumah Untuk Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah adalah kekuatan di mana darah dipompa dari jantung ke arteri. Pembacaan tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mm Hg.

Penulis: MG Cirebon | Editor: Machmud Mubarok
TRIBUNNEWS.COM
Periksa tekanan darah secara rutin untuk mendeteksi secara dini penyakit hipertensi. 

TRIBUNCIREBON.COM - Tekanan darah adalah kekuatan di mana darah dipompa dari jantung ke arteri. Pembacaan tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mm Hg.

Ketika tekanan darah tinggi, darah bergerak melalui arteri lebih kuat. Hal ini meningkatkan tekanan pada jaringan halus di arteri dan merusak pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, mempengaruhi sekitar setengah dari orang dewasa Amerika, perkiraan American College of Cardiology.

Dikenal sebagai "pembunuh diam-diam," biasanya tidak menimbulkan gejala sampai ada kerusakan signifikan pada jantung. Tanpa gejala yang terlihat, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi.

Baca juga: Biji Mahoni Ternyata Ampuh Turunkan Tekanan Darah hingga Diabetes, Begini Cara Mengonsumsinya

Baca juga: Anda Alami Hipertensi? Coba Konsumsi Alpukat, Tekanan Darah Dijamin Turun Hingga 13,5 mm/Hg

Berikut adalah 7 cara mudah yang anda dapat lakukan di rumah untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi:

1. Olahraga (gerak)
Mengutip dari Healthline.com, berolahraga 30 sampai 60 menit sehari adalah bagian penting dari hidup sehat.

Seiring dengan membantu menurunkan tekanan darah, aktivitas fisik secara teratur bermanfaat bagi suasana hati, kekuatan, dan keseimbangan Anda. Ini mengurangi risiko diabetes dan jenis penyakit jantung lainnya.

Jika Anda sudah tidak aktif untuk sementara waktu, bicarakan dengan dokter Anda tentang rutinitas olahraga yang aman. Mulailah perlahan, lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan dan frekuensi latihan Anda.

Bukan penggemar gym? Ambil latihan Anda di luar. Pergi mendaki, joging, atau berenang dan tetap menuai manfaatnya. Yang penting bergerak!

The American Heart Association (AHA) juga merekomendasikan untuk menggabungkan aktivitas penguatan otot setidaknya dua hari per minggu. Anda dapat mencoba mengangkat beban, melakukan push-up, atau melakukan latihan lain yang membantu membangun massa otot tanpa lemak.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved