Breaking News:

Mantan Bupati Kuningan Aang Hamid Rintis Kebun Raya Brebes Diproyeksikan Seperti di Selandia Baru

kawasan peternakan sapi Jabres ini pun diproyeksikan menjadi kawasan peternakan sapi di New Zealand, atau setidaknya seperti di Padang Mangatas

Istimewa
Mantan bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda (kiri) saat meninjau calon lahan Kebun Raya Brebes. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Mantan bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Brebes untuk merintis Kebun Raya Brebes di Pedukuhan Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumi Ayu, Kabupaten Brebes.

"Pelaksanaan kerja sama ini sebagai wujud silaturahmi yang sebelumnya digagas dengan daerah tetangga tergabung dalam Kuningan Summit atau Kunci Bersama (Kuningan, Kabupaten /Kota Cirebon, Brebes, Ciamis, Banjar, Pangandaran dan Kabupaten Majalengka)," ungkap Aang Hamid Suganda kepada wartawan, Kamis (21/3/2021).

Bukti kerja sama antar daerah yang dibangun zaman Bupati Kuningan beberapa tahun lalu, ini bisa diketahui dengan Mega Proyek Waduk Kuningan, jembatan penghubung antar daerah seperti di Kuningan Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis.

"Hubungan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah makin lengket.

Setelah diawali pembangunan Waduk Cileuweung, atau Waduk Kuningan, yang manfaat besarnya juga akan dirasakan oleh masyarakat Brebes dalam sektor pertanian misalanya," ungkap Aang yang juga ayah Wakil Bupati Kuningan  Ridho Suganda.

Baca juga: Bos PO Blue Star Semarang Ditemukan Tewas di Dekat Meja, Korban Sempat Minta Air Kelapa untuk Ini

Baca juga: Kasus Covid-19 di Majalengka Kembali Bertambah, Ada 33 Orang Positif Corona Dalam Sehari

Baca juga: Waspada Fenomena Pergerakan Tanah Mulai Sering Terjadi di Indramayu, BPBD Ungkap Penyebabnya

Aang menyebut untuk menuju lahan calon Kebun Raya Brebes itu harus melewati medan terjal berkelok dengan jarak sepanjang 7 km.

"Lokasinya di tengah bukit hijau, juga terdapat hamparan peternakan sapi Jabres, sebagai sapi lokal andalan Kabupaten Brebes seluas 100 hektare.

Sapi-sapi itu digembala mandiri dengan rumput ditanam berjenis Bracharia decumben (BD), Bracharia hemadicola (BH), rumput odot, king grass, dan star grass. Jenis rumput tersebut, bisa tetap tumbuh meski kemarau ekstrem," ungkap Aang.

Disebutkan kawasan peternakan sapi Jabres ini pun diproyeksikan menjadi kawasan peternakan sapi di New Zealand, atau setidaknya seperti di Padang Mangatas, Sumatera Barat.

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved