Breaking News:

Bantuan Pangan Non Tunai di Desa Rawa Majalengka Bulan Oktober 2020 Mulai Disalurkan

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Rawa Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka pada bulan Oktober 2020 mulai disalurkan.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Rawa Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka pada bulan Oktober 2020 mulai disalurkan. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Rawa Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka pada bulan Oktober 2020 mulai disalurkan.

Jumlah penerima di Desa Rawa, menurut Kepala Desa, Surisno melalui Lurah, Hamdan berjumlah 791 orang.

Sedangkan, untuk jenis BPNT yang di saluran kepada masyarakat, di antaranya beras dengan berat 10 kilogram dengan harga Rp 105.000, telur 2,5 kilogram dengan harga Rp 60.000, kentang 1 kilogram Rp 13.000 dan buah apel dengan berat 0,55 Kg harga Rp 22.000.

"Jadi secara keseluruhan, nilai BPNT yang diterima per orang mencapai Rp 200.000 dan saat ini penyaluran BPNT yang disalurkan kepada masyarakat, adalah BPNT untuk bulan Oktober," ujar Hamdan, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Guru di Indramayu Ini Ciptakan Aplikasi Si Belmi, Siswa Bisa Belajar Bahasa Inggris Sambil Main Game

Baca juga: Dinilai Lecehkan NU, Gus Nur dan Refly Harun Dilaporkan GP Ansor ke Bareskrim Polri

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa tujuan disalurkannya BPNT kepada masyarakat, ialah untuk meringankan beban khususnya masyarakat yang kurang mampu.

Bahkan, menurut Kang Hamdan sapaan akrabnya, di masa pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Desa Rawa juga telah menyalurkan berbagai bantuan sosial.

Yang di antaranya, Batuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat, Provinsi Daerah, Pertanian dan BLT Desa.

"Banyak program BLT termasuk BLT Dana Desa yang difokuskan untuk meng-cover masyarakat yang belum menerima bantuan di masa pandemi Covid-19," ucapnya.

Baca juga: Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Akses untuk BRI eform.bri.co.id atau BNI di eform.bni.co.id

Sementara itu, Camat Cingambul, Nono Heryano melalui Sekretaris Kecamatan Mumuh Muhidin mengatakan dalam proses penyaluran ini sejak awal sudah disosialisasikan dengan pihak e-warung dan pemerintah desa bersama dinas sosial.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan tentang mekanisme penyaluran BPNT termasuk melakukan pemantauan dalam proses penyaluran bersama unsur TNI, Kepolisian dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di wilayah Kecamatan Cingambul.

"Tujuan dilakukan pemantauan tersebut untuk memastikan BPNT benar-benar tersalurkan kepada masyarakat dengan kondisi kualitas yang baik dan kondisi paket baik dan sejauh ini di wilayah Kecamatan Cingambul belum ditemukan adanya masyarakat yang protes," jelas dia.

Baca juga: Umat Islam Dianjurkan Kerjakan Amalan Sunah Nabi Muhammad SAW di Malam Jumat, Hubungan Suami Istri?

Baca juga: Bupati Cirebon Apresiasi Langkah Kemanusiaan Aice Group dan GP Ansor Bagi-bagi Masker

Selain memastikan kondisi kualitas BPNT, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan kondisi penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Bahkan, TKSK Cingambul, Sari Yanuar Setiady menambahkan setiap bulan di desa- desa yang ada di wilayah Kecamatan Cingambul termasuk Desa Rawa, BPNT terdistribusi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

"Sudah sesuai aturan yang berlaku dan penditribusian BPNT yang disalurkan melalui e-warung, sudah baik dan kategori penerima BPNT ialah warga masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata Sari.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved