Breaking News:

Rumah Rusak Kena Gempa Brebes

Kades Cipondok Sebut Getaran Gempa Total Selama 3 Menit, Satu Menit Pertama Sangat Kencang

Permukiman di sini cukup padat, ada bangunan atas rumah warga roboh (Sopi) menimpa rumah warga lainnya

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Warga Desa Cipondok membetulkan atap rumah yang rusak terdampak gempa Brebes di Cibingbin, Kuningan, Jumat (11/12/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN -  Gempa magintudo 4.2 di Brebes mengakibatkan rusak rumah di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin mendapat tanggapan dari Kepala Desa yakni Rudiyanto saat ditemui lokasi permukiman warga tadi.

"Kronologinya, sewaktu pagi saya di rumah dan terkejut, setelah melihat bupet dan perabotan rumah bergoyang cukup keras," ungkap Rudiyanto saat mengawali perbincangan tadi, Jum'at (11/12/2020).

Guncangan pertama, kata Rudiyanto, selama satu menit terjadi cukup kencang."Sehingga rumah milik Ibu Ati (80) Kaswa (50), Darki (75), Marsijah (50). Nah, rumah milik warga tadi rusak cukup sedang," kata Rudiyanto seraya menambahkan bahwa 19 rumah warga lainnya.

Baca juga: Cara-cara Mengobati Ejakulasi Dini Pada Pria, Gunakan 7 Obat Tradisional Ini Dijamin Tokcer

Baca juga: Tanda-tanda Pembengkakan Jantung seperti yang Dialami Melisha Sidabutar, Kenali Sebelum Berbahaya

Baca juga: Hamil 7 Bulan Seorang Dokter Meninggal karena Covid-19, Bertugas di UGD RS di Ponorogo

Baca juga: Anak Bunuh Ibunya Sendiri, Sang Ayah Minta Tolong dengan Pisau Menancap di Perutnya

"Itu hanya mengalami bangunan tembok retak dan beberapa genteng berjatuhan," imbuhnya.

Kerusakan rumah, kata Rudiyanto, ini akibat robohnya bangunan atas rumah warga. "Permukiman di sini cukup padat, ada bangunan atas rumah warga roboh (Sopi) menimpa rumah warga lainnya,"ujarnya.

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini, namun kerugian cukup besar dirasakan warga desa setempat.

"Hitungan kerugian tidak ada, namun sudah dilaporkan ke BPBD dan warga korban rumah roboh tadi sudah mendapat bantuan logistik," katanya.

Orang nomor satu di Desa Cipondok ini mengatakan, guncangan keras terjadi di Kabupaten Brebes. "Ini memang berjarak sekitar 4 kilometer dari Kecamatan Cibingbin dan mengakibatkan kerusakan tempat tinggal warga," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dampak guncangan gempa berkekuatan magnitudo 4,2 di Brebes, Jawa Tengah yang terjadi Jumat (11/12/2020) pagi. "Ada puluhan rumah rumah warga rusak ringan dan didalam itu empat rumah rusak sedang, " kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu saat menyampaikan keterangannya kepada wartawan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved