Paus Fransiskus & Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb Bertemu Sepakati Deklarasi Abu Dhabi, Apa Itu?

Deklarasi Abu Dhabi yang berisi kesepakatan Tahta Suci Vatikan dan dunia Arab untuk berhenti bawa-bawa Tuhan dan agama

Paus Fransiskus & Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb Bertemu Sepakati Deklarasi Abu Dhabi, Apa Itu?
UAE Government via Kompas.com
Paus Fransiskus bersama Imam Besar Al Azhar Dr Ahmed At-Tayyeb (tiga dari kiri) saat menandatangani dokumen Deklarasi Abu Dhabi, Senin (4/2/2019), disaksikan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum (kanan), perdana menteri sekaligus wakil presiden Uni Emirat Arab 

TRIBUNCIREBON.COM - Deklarasi Abu Dhabi yang berisi kesepakatan Tahta Suci Vatikan dan dunia Arab untuk berhenti bawa-bawa Tuhan dan agama bukan isapan jempol belaka.

Setelah deklarasi bersejarah itu ditandatangani pada Februari 2019, pertengahan November 2019 ini kedua pihak pun bertemu kembali.

Jika Februari lalu Paus Fransiskus berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), kali ini gantian pertemuan digelar di Roma, Vatikan.  

Seperti dilaporkan Vaticannews.va , Paus Fransiskus menyambut Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb yang menjumpainya di Vatikan pada Jumat (15/11/2019) lalu.

Pertemuan itu tak lain bertujuan membantu mewujudkan pesan yang terkandung dalam Dokumen tentang Persaudaraan Insani untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama, yang ditandatangani oleh keduanya dalam pertemuan di Abu Dhabi Februari lalu.

Dalam pertemuan itu hadir pula Wakil Perdana Menteri Uni Emirat Arab Saif bin Zayed Al Nahyan, Duta Besar Republik Mesir untuk Tahta Suci Mahmoud Samy, dan beberapa tokoh serta perwakilan dari Universitas Al-Azhar dan dari Komite Tinggi untuk Persaudaraan Insani.

Sedang dari pihak Vatikan, tampak dalam pertemuan Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot, Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama dan Uskup Yoannis Lahzi Gaid, Sekretaris Bapa Suci Fransiskus.

Rumah Abraham

Paus Fransiskus disambut Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Syeikh Mohammed bin Zayed dan imam Al Alzhar Kairo, Syeikh Ahmed al-Tayeb saat tiba di Bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, Minggu (3/2/2019). Paus Fransiskus mencetak sejarah sebagai pemimpin Gereja Katolik Roma pertama yang menginjakkan kakinya di daratan Arab.
Paus Fransiskus disambut Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Syeikh Mohammed bin Zayed dan imam Al Alzhar Kairo, Syeikh Ahmed al-Tayeb saat tiba di Bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, Minggu (3/2/2019). Paus Fransiskus mencetak sejarah sebagai pemimpin Gereja Katolik Roma pertama yang menginjakkan kakinya di daratan Arab. ((Handout via Reuters))

Selama pembicaraan yang berlangsung akrab, Vatikan mengatakan, masalah perlindungan anak di bawah umur di dunia digital menjadi salah satu bahasan.

Tak terkecuali tentang kunjungan Paus Fransiskus ke Uni Emirat Arab pada Februari lalu dan inisiatif yang diambil oleh Komite Tinggi untuk mencapai tujuan dari Dokumen tentang Persaudaraan Insani.

Halaman
1234
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved