Breaking News:

Kue Cimplo Selalu Muncul Saat Ritual Rebo Wekasan Bulan Safar di Kuningan

Kue Cimplo, salah satu panganan khas yang mudah ditemukan di daerah Kuningan, dikenal dengan acara sakral Rabu Wekasan atau Pamungkas y

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa/Nining
Kue Cimplo selalu hadir saat Rabu Wekasan yaitu hari Rabu terakhir di bulan Safar di Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Kue Cimplo, salah satu panganan khas yang mudah ditemukan di daerah Kuningan. Kue Cimplo ini sering dikaitkan dengan acara keagamaan dalam tahun Hijriyah dan terjadi di Bulan Safar seperti sekarang.

Nining Nurnaninhsih (39), warga Desa / Kecamatan Cilimus, kepada TribunCirebon.com, menerangkan, kudapan Kue Cimplo ini sangat banyak ditemukan saat berlangsungnya pengharapan doa bersama di Bulan Safar yang terjadi di setiap tempat ibadah atau lokasi tertentu di lingkungan masyarakat. 

Seperti yang terjadi dan sering dikenal dengan acara sakral Rabu Wekasan atau Pamungkas yang berlangsung tadi pagi musala Munawaroh desa setempat.

"Kalau di kampung kami, Rabu Wekasan itu sudah menjadi rutinitas tahunan dalam melaksanakan kegiatan sosial keagamaan.

Baca juga: Tradisi Rebo Wekasan di Keraton Kanoman Cirebon Digelar Tak Lagi Terbatas, Ratusan Warga Antusias

Dalam kegiatan ini, Kue Cimplo tersedia sebagai pelengkap panganan saat usai menjalankan doa bersama," kata Nining saat berbincang tadi, Rabu (21/9/2022).

Nining mengatakan, soal Rabu Wekasan ini memiliki banyak sejarah dan cerita tokoh masyarakat terdahulu.

Terutama sebagai bentuk penolakan terhadap hal yang tidak diinginkan terjadi di lingkungan termasuk penyakit masyarakat yang dianggap bisa mengancam kesehatan warga sekitar.

"Pelaksanaan kegiatan ini, sebanarnya bentuk ibadah bareng warga untuk berlindung dari hal keburukan atau penyakit masyarakat yang membahayakan.

Seingat saya, ramainya pelaksanaan Rabu Wekasan ini berbarengan terjadi wabah serangan penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat," kayanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved