Breaking News:

Ini Respons Dandim 0615/Kuningan soal Effendi Simbolon yang Sebut TNI Seperti Gerombolan Bak Ormas

Sejak muncul kalimat tidak sedap terhadap TNI, kata Dandim Letkol Inf Bambang Kurniawan mengaku bahwa semua prajurit dan keluarga besar TNI sangat ...

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan setelah mengisi materi Bela Negara di Fakultas Kehutanan UNIKU, Rabu (14/9/2022). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Pernyataan Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyebut bahwa TNI seperti gerombolan bahkan lebih-lebih dari ormas (organsiasi masyarakat) saat sidang terbuka di DPR RI beberapa waktu lalu mendapat tanggapan langsung dari Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan.

"Pernyataan yang mengatakan ada disharmoni pimpinan TNI ( Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal Dudung Abdurachman) dan TNI seperti gerombolan adalah tidak benar. Nah, saat kami ulang ungkapan itu di depan adik - adik mahasiswa.

Apakah kami sebagai gerombolan atau ormas, mereka (mahasiswa) menjawab enggak. Kemudian mereka (mahasiswa) juga mengetahui keberadaan TNI untuk negara dan sebagai pelayan masyarakat," kata Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan setelah mengisi materi Bela Negara di Fakultas Kehutanan UNIKU, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Ari Widyo Gebrak Meja, Desak Effendi Simbolon Minta Maaf

Dandim Bambang Kurniawan mengungkap, idealnya sebagai pejabat negara tidak memberikan contoh kurang baik dalam komunikasi.

"Ya sebagai pejabat itu akan lebih elegan dan elit. Ketika ungkapan atau pendapat itu menggunakan kalimat yang santun," katanya.

Sejak muncul kalimat tidak sedap terhadap TNI, kata Dandim Letkol Inf Bambang Kurniawan mengaku bahwa semua prajurit dan keluarga besar TNI sangat menyayangkan dan prihatin.

"Betul, setelah ungkap tidak baik itu. Prajurit semua sangat menyangkan dan prihatin terhadap tindakan pejabat tersebut. Perasaan sama juga dirasakan keluarga besar FKPPI, dimana diketahui para orang tua mereka itu jelas berjasa untuk ketahanan negara. Terutama sangat berjasa hingga menjadi kebanggaan itu pada keluarganya sendiri," katanya.

Baca juga: Effendi Simbolon Sebut TNI Kayak Gerombolan, Wakil Asisten KSAD: Berbahaya Untuk Hancurkan TNI

Dalam satuan TNI, kata Dandim Letkol Inf Bambang Kurniawan mengklaim bahwa TNI selalu taat dan patuh terhadap instruksi pimpinan. Siapa sosok pimpinan itu jelas menjadi panutan prajurit semua.

"Perlu diketahui juga, dalam satuan TNI itu sangat mentaati terhadap perintah pimpinan. Siapapun pimpinannya, kami taat dan kami selalu menauladani beliau sebagai pimpinan. Para pimpinan itu jelas orang hebat yang terpilih dan bekerja untuk negara," ujarnya.

Mengenai materi Bela Negara saat di sampaikan tadi, kata Dandim Letkol Inf Bambang Kurniawan menegaskan, untuk pendidikan bela negara itu terbagi dua kategori dalam tindakan di lingkungan masyarakat.

"Ya, untuk tindakan bela negara itu ada kategori. Pertama secara fisik atau ikut berperang dan kedua itu dengan non fisik.

Bentuknya, yaitu dengan mengisi program kemerdekaan, baik dari sektor pendidikan, ekonomi dan bidang lainnya. Seperti mahasiswa ini sudah bagus ikut bela negara juga, karena mereka mau belajar dan siap menjadi orang berguna kedepan," ujarnya. (*)

Baca juga: Effendi Simbolon, Anggota DPR RI, Akhirnya Meminta Maaf Soal Ucapan TNI Seperti Gerombolan Ormas

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved