Breaking News:

Terminal Tipe A Kertawangunan Jadi Lapak Pameran Hari Jadi ke-524 Kuningan, Pegawai Angkat Bicara

Kawasan Terminal Tipe A Kertawangunan yang dijadikan lapak pameran pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan ini akan berdampak pada kelancaran lalu linta

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Sejumlah bus parkir sebelum berangkat di Terminal Tipe A Kertawangunan - Kuningan, Selasa (22/12/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Kawasan Terminal Tipe A Kertawangunan yang dijadikan lapak pameran pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan ini akan berdampak pada kelancaran lalu lintas kendaraan umum yang keluar-masuk.

"Dengan adanya pameran pembangunan di terminal, jelas berdampak pada ketertiban dan kelancaran kendaraan angkutan umum. Apalagi zona pemberhentian bus jurusan kota besar," kata Endang, pegawai Kementerian Perhubungan yang bertugas di Terminal Kertawangunan saat memberikan keterangan kepada TribunCirebon.com, Selasa (30/8/2022).

Endang menjelaskan, kawasan terminal berada di bawah tanggung jawab Kementerian Perhubungan ini secara kinerja itu bersifat vertikal.

Baca juga: Angkot di Majalengka Ogah Masuk Terminal Cigasong, Ternyata Ini Penyebabnya

Apapun kegiatan di Terminal. kata Endang, pimpinan di Kemenhub harus mengetahui.

"Namun jelang pelaksanaan kegiatan pameran pembangunan ini, saya yang bertugas di lapangan saja tidak mengetahui. Tidak ada pemberitahuan melalui lisan atau tulisan, namun soal itu baiknya pimpinan kami yang menjelaskan lebih rinci," katanya.

Endang mengatakan, ia bertugas melaporkan situasi dan kondisi di Terminal ini, termasuk laporan kendaraan angkutan.

"Ya tugasnya melaporkan keadaan lapangan atau tentang kendaraan angkutan ini ke kementerian perhubungan. Jadi, meski seragam kita sama dengan Dinas Perhubungan Kuningan, namun kebijakan kerja itu masing - masing tidak harus sama," katanya.

Endang menjelaskan, soal dampak dari kegiatan pameran pembangunan pada ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Secara otomatis kendaraan angkutan itu tidak semua masuk ke Terminal Tipe A ini, melainkan mereka akan kembali ke pool atau tempat-tempat yang dianggap sebagai lokasi strategis mengumpulkan penumpang.

"Untuk bus Luragung itu akan kembali ke pool, tapi selain bus Luragung itu saya juga tidak tahu. Sebab, bus selain Luragung itu biasanya banyak di terminal dan ngetem (menunggu penumpang) untuk kemudian bertolak ke kota tujuan sesuai jurusan dan trayeknya," katanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved