Breaking News:

Setahun Longsor Cimanggung Sumedang, Begini Lokasi Korban Tertimbun, Aura Mistis Bikin Takut Warga

Longsor setahun lalu adalah kejadian mengerikan yang tidak pernah terjadi sebelumnya di Kecamatan Cimanggung. Sebanyak 40 orang tewas dan 25 lainnya

Editor: Machmud Mubarok
TribunJabar.id/Kiki Andriana
Kondisi terkini tepat setahun lokasi longsor Bojong Kondang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, Minggu (9/1/2022) sore. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana.

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Matahari sore menerpa Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Terlihat tangguh sebuah Masjid yang berdiri di bekas lokasi longsor

Masjid itu adalah saksi bisu 40 orang meregang nyawa akibat tertimbun longsor pada 9 Januari 2021. Kini, setelah tepat setahun kejadian mengerikan itu, 9 Desember 2021, Pemerintah sudah sedikit melakukan penataan di daerah tersebut. 

Lahan yang semula tebing curam dan konturnya tak menentu akibat longsor dan penyingkapan tanah dalam proses pencarian korban longsor, kini sudah tertata. 

Lahan bekas longsor itu ditata menjadi terasering dengan ukuran undakan yang lebar namun lereng ke setiap undangan berjarak pendek. Dengan demikian, tidak terlihat kecuraman lahan. 

Selain Masjid, ada juga bangunan yang hancur berupa rumah berdinding anyaman bambu, sebuah rumah kokoh yang di temboknya penuh lumpur, dan tiga rumah di atasnya yang merupakan bangunan rumah kavling perumahan.    

Baca juga: Developer Perumahan yang Longsor di Cimanggung Menghilang, Warga Segel Kantor Marketing

Bangunan-bangunan itu berjauhan dan ditinggalkan penghuninya. Kecuali masjid yang sudah diperbaiki dan dipakai lagi untuk salat dan aktivitas keagamaan lainnya. 

Lahan terasering itu menurut tuturan warga akan ditanami pepohonan yang keras dan sanggup menahan longsor

"Kami tahunya begitu saja, akan ditanami pohon yang kuat. Juga ada bekas lapangan voli yang akan dibuat lapangan kembali untuk menghilangkan trauma warga sehingga warga bisa terhibur dengan aktivitas olahraga," kaota Yadi (37) warga setempat di Bojongkondang, Minggu (9/1/2022) sore. 

Yadi sendiri korban terdampak longsor. Namun rumahnya masih dinilai aman untuk ditempati sehingga dia sendiri tidak termasuk warga yang mesti direlokasi. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved