Breaking News:

7 Suka Duka Warga Desa Miliarder di Kuningan di Tahun 2021, Terima Uang Namun Tergusur dari Kampung

Lahan desa mereka menjadi lokasi proyek strategis nasional, yaitu Mega Proyek Bendung Kuningan.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
(Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). 

Laporan Kontributor Kuningan Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Warga Desa Kawungsari Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan Jawa Barat menjadi desa yang "beruntung". Lahan desa mereka menjadi lokasi proyek strategis nasional, yaitu Mega Proyek Bendung Kuningan.

Simak suka duka warga Desa Miliarder di Kuningan itu yang terangkum dalam pemberitaan wartawan TribunCirebon.com sepanjang tahun 2021.

1. Alasan disebut Desa Miliarder

Mega Proyek Pembangunan Bendung Kuningan yang merupakan program strategis nasional memiliki area yang sangat luas yang menggunakan lahan warga. Warga satu desa di Kecamatan Cibeureum, harus pindah lokasi alias bedol desa.

Pemerintah melakukan pembayaran ganti untung kepada warga yang memiliki lahan yang terdampak pembangunan waduk tersebut.  Angka terendah ganti untung yang diterima warga kisaran Rp 300 juta hingga ada beberapa harga mendapat kompensasi sekitar sebesar Rp 1.2 miliar.

Baca juga: LIVE STREAMING Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Kuningan di Kuningan

Baca juga: Sehari Jelang Lebaran, Warga Padati Pasar Tradisional Majalengka, Pemkab Tidak Bisa Membendung

2. Muncul Warga Miliarder
INI didasarkan pada perilaku warga Desa Kawungsari khususnya yang secara massal membeli kendaraan roda empat dan roda dua.

Dalam sehari terjadi pada waktu itu, warga desa setempat mampu membeli mobil sebanyak 4 unit dan motor sebanyak 33 unit. Bersamaan dengan pembelian kendaraan bermotor itu, tradisi lokal melalui 'sawer' pun digelar hingga melibatkan sejumlah warga sekitar.

3. Campur Sari Perasaan Warga Miliarder
Memasuki bulan ketiga di tahun 2021,  raut wajah sedih dan perasaan campur aduk warga saat menyaksikan satu per satu bangunan rumah mulai diratakan oleh alat berat. Dalam perasaan tak karuan itu juga, warga desa miliarder melakukan bongkar paksa kuburan keluarga untuk kembali dimakamkan di lahan baru

4. Paparan Positif Covid-19

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved