Breaking News:

Hadapi Ancaman Perang atau Bencana, Dandim 0615/Kuningan Rekrut 65 Warga untuk Komcad Matra Darat

Dandim 0615/Kuningan Letkol CZI David Nainggolan berhasil merekrut sebanyak 65 warga sipil di Kuningan melalui seleksi Komcad matra darat

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Dandim 0615/Kuningan Letkol CZI David Nainggolan berhasil merekrut sebanyak 65 warga sipil di Kuningan melalui seleksi Komponen Cadangan (Komcad) matra darat untuk pertama kalinya, Sabtu (29/5/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Dandim 0615/Kuningan Letkol CZI David Nainggolan berhasil merekrut sebanyak 65 warga sipil di Kuningan melalui seleksi Komponen Cadangan (Komcad) matra darat untuk pertama kalinya.

"Warga yang berhasil lolos seleksi nantinya akan membantu negara dalam kondisi darurat di bawah ancaman perang atau bencana alam. Proses seleksi 65 warga ini dilakukan di Makodim 0615 Kuningan," ungkap Dandim 0615 / Kuningan, Letkol CZI David Nainggolan kepada wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Dia mengatakan bahwa untuk pendaftarannya sama dengan militer, namun ini bisa dikatakan semi militer.

Baca juga: Ini Tahapan Pendaftaran dan Kuota PPDB 2021 di Kota Cirebon

Baca juga: Soal Evakuasi Truk Molen yang Timpa Rumah di Kuningan, Hingga Jumat Sore Truk Masih di Lokasi Semula

"Ini merupakan penggabungan peran militer dengan sipil dalam berperan mempertahankan negara dari invasi," kata Dandim Letkol Czi David Nainggolan.

Menurut David dalam seleksi ini nantinya akan dipilih warga yang benar-benar memiliki kemampuan untuk bisa menjadi pasukan cadangan militer.

"TNI AD perlu memastikan peserta yang nantinya lolos menjadi Komcad adalah personel terbaik. Harus memiliki kemampuan yang bisa mendukung kegiatan militer.

Setelah lolos seleksi nantinya warga yang menjadi Komcad ini bakal dipilih untuk ditugaskan di dalam maupun di luar kedinasan," ujarnya.

David menjelaskan untuk Komcad di dalam kedinasan akan mendapat penugasan yang sama dengan prajurit TNI.

Baca juga: PERSIAPAN Timnas Indonesia vs Oman Hari Ini: Modal Ini yang Disiapkan Shin Tae-yong pada Tim Garuda

Baca juga: KABAR GEMBIRA: Fans Manchester City dan Chelsea Bisa Nonton Langsung Final Liga Champions di Stadion

"Kinerja Komcad itu bertugas untuk negara dalam bidang pertahanan. Sementara untuk di luar dinas aktif, semua sumber daya yang tergabung pada Komcad kembali melaksanakan tugas semula atau sesuai profesinya masing-masing," ungkapnya.

Menurutnya semua warga yang lolos menjadi Komcad harus siap kapanpun dipanggil negara untuk mendapat penugasan apapun dan kemana saja. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved