Breaking News:

KABAR GEMBIRA - Warga yang Rumahnya Rusak akibat Longsor akan Dapat Bantuan Rp 50 Juta - Rp 10 Juta 

Doni menyampaikan, masyarakat jangan dulu menempati rumah di kawasan berbahaya sampai pemerintah pusat dan pemerintah provinsi keluarkan hasil kajian

Istimewa/Kantor SAR Bandung
proses evakuasi longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kepala BNPB Doni Monardo mengharapkan kesadaran masyarakat yang ada di lokasi bencana tanah longsor Cihanjuang bersedia untuk direlokasi.

Hal tersebut disampaikan Doni saat berkunjung di lokasi longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Minggu (10/1/2021). 

Doni menyampaikan, masyarakat jangan dulu menempati rumah di kawasan berbahaya sampai pemerintah pusat dan pemerintah provinsi mengeluarkan hasil kajian pendataan rumah-rumah yang masih boleh ditempati kembali.

"Bagi yang sudah diputuskan, kawasan itu adalah zona merah masyarakat harus ikhlas melepaskan rumah dan tanahnya untuk direlokasi di tempat yang baru," lanjut Doni.

Baca juga: UPDATE Longsor Cimanggung, Tim SAR Kembali Lanjutkan Cari 27 Korban Tertimbun yang Belum Ditemukan

Baca juga: Keajaiban Saat Longsor Cimanggung, Tertimbun Selama 5 Jam, Kakek Usia 80 Tahun Selamat

Baca juga: Banjir Rob Kembali Terjang Kawasan Pesisir Indramayu, Pagi Ini Lebih Besar dari Hari-hari Sebelumnya

Lebih lanjut Doni mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumedang akan membantu dalam penyediaan lahan relokasi. 

"Bapak Bupati akan menyiapkan lahan desa untuk relokasi bagi masyarakat yang rumahnya nanti tidak boleh lagi ditempati," katanya.

Pada kesempatan itu juga, ia menyampaikan bahwa skema bantuan dari pemerintah pusat untuk kerusakan rumah dengan kategori rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. 

Pemerintah akan memberikan bantuan stimulan yang rumahnya rusak berat sebesar Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta dan rusak ringan Rp 10 juta. Jumlah kerusakan masih dalam pendataan BPBD Kabupaten Sumedang.

Kepala BNPB Doni Monardo memberikan bantuan dana siap pakai sebesar Rp 1 miliar untuk penanganan darurat bencana longsor Cihanjuang.

Pemberian bantuan kepada Bupati Sumedang ini disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di lokasi pos komando yang berlokasi di SMA Negeri Cihanjuang.

Halaman
123
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved