Breaking News:

Longsor Cimanggung

Keajaiban Saat Longsor Cimanggung, Tertimbun Selama 5 Jam, Kakek Usia 80 Tahun Selamat

Akibat kejadian itu, kata Amih, Ukar mengalami luka pada bagian kaki, tangan, punggung, dan kepala

Istimewa/Kantor SAR Bandung
proses evakuasi longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. 

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Keajaiban terjadi di tengah longsor besar yang menerjang Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (9/1).

Terkubur selama lima jam di antara puing, tanah, dan bebatuan, Ukar (80) luput dari maut. Saat ditemukan, tubuhnya tertelentang, dengan sekujur tubuh tertimbun, tak jauh dari rumahnya.

Amih, menantu Ukar, mengatakan, longsor menerjang rumah mertuanya tak lama setelah mertuanya selesai menunaikan salat Magrib.

Baca juga: KKB Papua Makan Korban Lagi, Seorang Prajurit TNI Tewas Tertembak di Punggung, Dievakuasi ke Mimika

Baca juga: Harga HP Vivo Januari 2021, Mulai Rp 1 Jutaan Vivo Y11, Vivo Y12, Vivo V15, Vivo V20 Hingga Vivo X50

Baca juga: Tanpa Disadari, Kita Sering Konsumsi Makanan Pemicu Kanker Kelenjar Getah Bening, Ini Daftarnya

Saat itu, mertuanya keluar untuk melihat kejadian longsor karena ada saudaranya yang tertimbun.

"Namun, tiba-tiba longsor susulan menerjang," ujar Amih, saat menemani mertuanya yang masih dirawat di Puskesmas Sawah Dadap, Minggu (10/1).

Akibat kejadian itu, kata Amih, Ukar mengalami luka pada bagian kaki, tangan, punggung, dan kepala. "Namun, sekarang stabil, saya sudah tenang lihatnya juga," ucapnya.

Amih mengaku tak mengerti bagaimana mertuanya bisa selamat. "Ini rahasia Allah. Kita tidak tahu," ujarnya sambil terus mengucapkan kata syukur karena mertuanya selamat.

Asep (40), warga Bojongkondang lainnya yang selamat mengisahkan kengeriannya saat tebing setinggi 20 meteran di kampungnya longsor dan membuat 14 rumah warga rusak berat. Longsor terjadi selepas Ashar. Hujan sedang deras-derasnya mengguyur.

"Tiba-tiba terdengar suara gemuruh sangat keras. Warga berlarian keluar kompleks," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian, kemarin.

Ia mengatakan, longsor terjadi saat hampir semua warga sedang berada di dalam rumah. Itu sebabnya banyak yang tak berhasil menyelamatkan diri dan tertimbun.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved