UPDATE Temuan Batu Bata Kuno di Indramayu, Pakar Arkeolog Ungkap Fakta Candi di Indramayu

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) kabupaten Indramayu menggandeng Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu

UPDATE Temuan Batu Bata Kuno di Indramayu, Pakar Arkeolog Ungkap Fakta Candi di Indramayu
Istimewa
Potret Batu Bata Kuno yang menunjukkan goresan tapak anjing, Jumat (25/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) kabupaten Indramayu menggandeng Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu melakukan sosialisasi dan penyuluhan di Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Selasa (5/11/2019).

Kegiatan itu dilakukan menyusul dengan adanya temuan batu bata kuno yang diduga merupakan bagian dari struktur bangunan candi.

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Disbudpar Indramayu, Tinus Suparto mengatakan, adanya temuan tersebut merupakan temuan besar.

Para pakar sejarahwan, arkeolog serta para pakar lainnya tentu akan menjadikan Desa Sambimaya sebagai tempat penelitian baru pasca-ditemukannya batuan kuno tersebut.

"Ini merupakan temuan yang sangat menarik bagi Indramayu karena tidak pernah ada catatan dalam sejarah Indramayu yang menyebut nyebut adanya pengaruh hindu budha di wilayah ini," ujarnya.

Dalam hal ini, Tinus Suparto mengimbau kepada masyarakat yang memiliki informasi terkait batu bata kuno itu atau temuan lain yang ada kaitannya dengan batu tersebut untuk bisa bekerjasama.

Apabila ada warga yang menyimpan temuan lain itu di rumahnya, dirinya berharap warga bisa menyerahkannya kepada kepala desa.

Hal tersebut akan sangat membantu proses penelitian dalam mengungkap bangunan candi pada masa lampau di Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, ketua TACB Kabapten Indramayu, Dedy S Musashi menambahkan, batu bata kuno itu akan diteliti langsung oleh para pakar dari Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat.

Mereka rencanakanya akan melakukan penelitian pada 9-11 November 2019.

Ahli Candi Indonesia Sebut Batu Bata Kuno yang Ditemukan Polisi di Indramayu Berasal Dari Abad 12-13

ADA Bukti Sejarah Candi di Indramayu Berupa Batu Bata Kuno Tapak Kaki Anjing, Ternyata Ini Artinya

Batu Bata Kuno Temuan Rusmanto Yang Sering Didatangi Jin Berwujud Biksu Bisa Bongkar Sejarah Ajaran

"Empat arkeolog akan turun ke Indramayu untuk meneliti temuan struktur bangunan di Sambimaya," ucapnya.

Penelitian awal akan dilakukan di sekitar temuan struktur bangunan di Blok Dingkel dan Blok Sambi Lawang yang banyak ditemukan susunan batu bata dan fragmen batu bata yang berserakan. (*)

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved