Breaking News:

Ini Ciri-Ciri Jika Anda Punya Kolesterol Tinggi, Bisa Terlihat dari Mata dan Berat Badan

Ada beberapa ciri-ciri saat kolesterol tinggi. Anda harus mewaspadainya.

Editor: taufik ismail
Tribunnews
Kolesterol tinggi paling sering dialami oleh orang dewasa, tetapi juga bisa dialami oleh anak-anak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Tahukah Anda jika kolesterol itu memang ada di bagian tubuh manusia.

Namun kolesterol itu terdiri dari beberapa macam jenisnya, yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kadar kolesterol baik.

Dalam program Tribun Health, Dokter Evi Novitasari mengatakan masyarakat harus waspada dengan kolesterol tinggi.

"Jika kolesterol tinggi dan berkelanjutan, risiko terjadi masalah kesehatan terutama organ penting seperti jantung, stroke dan jantung koroner bisa terjadi," ujar Dokter Evi, Rabu (11/1/2023).

Dokter Evi menjelaskan ketika seseorang terkena kolesterol tinggi cukup banyak yang tidak menyadari akan muncul  gejalanya karena tidak spesifik dan bisa terjadi dalam keseharian seperti mengantuk.

Ada beberapa keadaan yang harus dipahami tentang  kolesterol.

Dokter Evi mengatakan jika HDL semakin tinggi maka semakin baik untuk kesehatan karena melindungi dari penyakit jantung.

Sedangkan jika LDL harus rendah, karena jika melebihi jumlah normal bisa menyebabkan masalah kesehatan terutama stroke dan trigliserida.

"Trigliserida adalah bagian dari lemak yang meningkatkan penyakit jantung. Ini harus rendah juga angkanya, semakin rendah baik. Jika pemeriksaan kolesterol total, gabungan baik dan jahat angkanya dibawah 200 mg per desiliter," ujarnya.

Dokter Evi menjelaskan ketika seseorang memiliki kolesterol tinggi maka bisa menghambat aliran darah sehingga oksigen tidak berjalan dengan normal yang mengakibatkan muncul rasa ngantuk dan lelah.

"Gejala lainnya adalah ada rasa kram di malam hari, biasanya di telapak kaki, jari, tumit, ada rasa nyeri di dada karena aliran  darah ada endapan dari lipid menempel di dinding arteri sehingga mengurangi darah ke arteri," ujarnya.

Selain itu juga ciri lainnya adalah ada penurunan nafsu makan atau bahkan berat badan yang naik secara drastis.

Ketika gejala tersebut muncul, maka kata Dokter Evi akan muncul stress dan ada gejala aliran darah ke otak berkurang sehingga otak terganggu dalam mengatur emosi, dan menjadi mudah stress hingga hilang kesimbangan yang berujung kompplikasi stroke.

Ciri lainnya adalah  muncul xanthoma yang timbul di kulit yang merupakan penumpukan lemak di daerah sekitar mata.

"Biasanya dokter mata sudah hafal karena meskipun tidak menggunakan alat khusus sudah kelihatan. Tapi tidak selalu orang yang tinggi kolesterol timbul xanthoma," katanya.

Baca juga: Daftar Makanan yang Harus Dihindari Ketika Memiliki Kolesterol Lebih dari 200 mg/dL

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved