Breaking News:

Sosok

SOSOK Mayjen TNI (Purn) TB Hasanudin yang Berani Kritik Jenderal Andika Soal Tinggi Badan Catar

Sosok Mayjen TNI (Purn) TB Hasanudin yang berani mengkritik Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal tinggi badan calon taruna TNI

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Mayjen TNI (Purn) TB Hasanudin, anggota DPR RI yang berani mengkritik Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal aturan tinggi badan calon taruna. 

TRIBUNCIREBON.COM - Sosok Mayjen TNI (Purn) TB Hasanudin yang berani mengkritik Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal tinggi badan calon taruna TNI.

Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI-P itu Jenderal Andika Perkasa yang menurunkan syarat tinggi badan calon taruna TNI. TB Hasanuddin menilai Andika justru menciptakan kemunduran bagi TNI dengan merevisi kebijakan tersebut.

"Menurut saya ini merupakan kebijakan yang set back atau mundur," ujar TB Hasanuddin dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

TB Hasanuddin menjelaskan, tinggi badan anak zaman sekarang sudah tercukupi asupan gizinya, sehingga mampu berkembang secara optimal.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Tidak Harmonis? TB Hasanuddin Angkat Bicara, Akui Menemui Keduanya

Baca juga: Uu Ruhzanul Ulum Disentil TB Hasanuddin Usai Sebut Kasus Bullying Anak di Tasik hanya Bercanda

Menurutnya, bangsa ini menginginkan postur anggota TNI tidak kalah dengan tentara dari luar negeri. Apalagi, jika prajurit TNI sedang mendapat penugasan misi PBB sehingga bertemu prajurit dari negara lain.

"Kalau postur prajurit kita di 160 cm ya tentu kalah tinggi dengan tentara dari negara lain," tuturnya. 

Lebih jauh, kata TB Hasanuddin, animo masyarakat dalam mendaftar masuk TNI tetap tinggi walau menggunakan syarat lama. Pasalnya, menjadi anggota TNI adalah suatu kebanggaan.

"Menjadi anggota TNI yang notabene aparatur pembela negara itu merupakan impian dan kebanggaan bagi rakyat Indonesia. Jadi, mengapa standar tinggi badan harus diturunkan?" imbuh TB Hasanuddin.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merevisi aturan mengenai syarat tinggi badan calon taruna dan taruni TNI periode 2022.

Andika beralasan perubahan syarat tersebut agar lebih mengakomodasi masyarakat yang ingin menjadi taruna dan taruni. 

“Jadi kita menggunakan peraturan Panglima TNI yang terakhir itu tahun 2020 nomor 31 itu, itu sudah saya lakukan perubahan. Perubahan yang sebetulnya lebih mengakomodasi," kata Andika dikutip dari kanal YouTube-nya, Jenderal TNI Andika Perkasa, Selasa (27/9/2022).

Dalam keputusannya, Andika menurunkan syarat tinggi badan bagi pria dari 163 sentimeter menjadi 160 sentimeter. Sedangkan syarat tinggi badan wanita turun dari 157 sentimeter menjadi 155 sentimeter.

Selain tinggi badan, Andika juga mengubah ketentuan mengenai usia calon taruna dan taruni.

Asisten Personel Panglima TNI Marsekal Muda (Marsda) Kusworo menjelaskan perubahan syarat usia kini menjadi 17 tahun 9 bulan. Adapun sebelumnya syarat usia bagi calon taruna dan taruni yakni 18 tahun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved