Breaking News:

Openship KRI Dewaruci di Cirebon Sehari Lagi, Bisa Lihat Dalam Kapal, Momen Liburan Keluarga Gratis

Jangan lewatkan untuk datang melihat sang legenda KRI Dewaruci milik TNI AL yang kini masih bersandar di Pelabuhan Cirebon. Hari ini hari terakhir

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah pengunjung menyerbu Openship KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Sabtu (24/9/2022) 

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Jangan lewatkan untuk datang melihat sang legenda KRI Dewaruci milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) yang kini masih bersandar di Pelabuhan Cirebon.

Pasalnya hari ini, Minggu (25/9/2022) adalah hari terakhir acara Openship KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon. Bisa menjadi alternatif untuk liburan keluarga di akhir pekan.

Kadispenal, Laksma TNI Julius Widjojono, mengatakan KRI Dewaruci bersandar di Pelabuhan Cirebon hingga Minggu (25/9/2022), dan Openship dimulai Sabtu (24/9/2022) yang dimeriahkan bazar pameran dan gratis.

KRI Dewaruci milik TNI AL yang bersandar di Pelabuhan Cirebon, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (23/9/2022). Kapal tersebut bakal menggelar openship selama dua hari ke depan dan dimulai Sabtu (25/9/2022) besok.
KRI Dewaruci milik TNI AL yang bersandar di Pelabuhan Cirebon, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jumat (23/9/2022). Kapal tersebut bakal menggelar openship selama dua hari ke depan dan dimulai Sabtu (25/9/2022) besok. (TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Baca juga: Ratusan Warga Serbu Openship KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon, Ada Mitos Ini di 3 Tiang Utamanya

Openship itu dibuka sesi pertama bagi kalangan pelajar, dan sesi dua untuk masyarakat umum. Sehingga bisa menjadi agenda piknik liburan di akhir pekan ini bagi warga Cirebon.

Pihaknya juga mengharapkan masyarakat Cirebon dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk belajar dan mengenal lebih dekat KRI milik TNI AL, sehingga menggugah semangat sebagai bangsa maritim.

Ia memastikan, openship tersebut tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis, sehingga masyarakat Cirebon dan sekitarnya dipersilakan untuk mengunjungi KRI Dewaruci secara langsung.

Kedatangan kapal layar tipe Barquentine tersebut, tampak disambut para prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon, dan perwakilan kepolisian, Pemkot Cirebon, serta lainnya.

Kapal yang dibuat di Jerman pada 1953 tersebut, dijuluki sebagai Sang Legenda, karena merupakan satu-satunya kapal tipe Barquentine di dunia.

Tiga tiang utama KRI Dewaruci berukuran cukup besar, dan masing-masing diberi nama Bima, Arjuna, dan Yudhistira. Selain itu, tiang-tiang itu dihiasi ukiran dan kata-kata berbahasa Jerman.

KRI Dewaruci yang bersandar di Pelabuhan Cirebon, Senin (1/3/2021).
KRI Dewaruci yang bersandar di Pelabuhan Cirebon, Senin (1/3/2021). (Ahmad Imam Baehaqi/Tribuncirebon.com)

Baca juga: KISAH Tiga Tiang Utama KRI Dewaruci yang Beredar di Masyarakat Dipercaya Baik Buat Ibu Hamil Jika. .

Baca juga: Mitos Tiga Tiang KRI Dewaruci, Katanya Kalau Wanita Hamil Foto Dekat Tiang Arjuna, Bayinya Ganteng

Bahkan, bendera berbagai negara juga tampak menghiasi bentangan layar KRI Dewaruci. Sang Saka Merah Putih berukuran besar berkibar di bagian belakang kapal.

Kini, KRI Dewaruci merupakan kapal latih bagi taruna atau kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berbasis di Surabaya.

Setiap tahunnya, kadet AAL berlayar menggunakan KRI Dewaruci ke berbagai belahan dunia untuk berlatih pelayaran bintang atau disebut Kartika Jala Krida. 

Karenanya, tidak heran jika KRI Dewaruci disebut sebagai kapal legendaris yang menjadi rahim bagi seluruh perwira TNI AL.

Kadispenal, Laksma TNI Julius Widjojono, mengatakan, kedatangan KRI Dewaruci ke Pelabuhan Cirebon merupakan rangkaian Ekspedisi Kejayaan Maritim Nusantara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved