Breaking News:

Kasus Hacker Bjorka

Penampakan MAH, Penjual Es di Madiun yang Ditangkap Polisi Karena Dicurigai Sebagai Hacker Bjorka

Ini penampakan MAH (23), pemuda Madiun yang ditangkap polisi, Rabu (14/9/2022) malam. MAH dicurigai sebagai sosok di balik hacker Bjorka.

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Ini penampakan MAH (23), pemuda Madiun yang ditangkap polisi, Rabu (14/9/2022) malam. MAH dicurigai sebagai sosok di balik hacker Bjorka. 

TRIBUNCIREBON.COM - Ini penampakan MAH (23), pemuda Madiun yang ditangkap polisi, Rabu (14/9/2022) malam. MAH dicurigai sebagai sosok di balik hacker Bjorka.

Padahal keseharian pemuda itu adalah sebagai penjual es.

Penampakan wajah MAH ini hasil penelurusan Dark Tracer. Dark Tracer membuat semacam pemaparan singkat, yang kemungkinan besar menjadi rujukan aparat, berjudul Who's Behind The Indonesian Data Breach? Profiling of Bjorka who breached data of Indonesia governement.

Pemaparan itu bertanggal 8 September 2022. Disebutkan bahwa ada 124 aktor atau pelaku yang memposting bocoran data-data tentang Indonesia di pasar gelap dan forum hacker.

Baca juga: Penjual Es di Madiun Ditangkap Karena Diduga Bjorka, Sang Ibu: Kami Tidak Punya Komputer

Penelusuran terhadap 124 postingan itu diperoleh petunjuk ada 9 yang menjadi terduga utama. Lalu seorang aktor, dalam hal ini yang disebut Bjorka, mengerucut pada seseorang dari 14 pelaku.

Dark Tracer secara gamblang menyebutkan tersangka utama Bjorka adalah Mohamad Agung atau MAH, atau nama profil Agung Gumelarzt, seorang laki-laki berusia 23 tahun dan berdomisili di Madiun.

MAH ini memiliki beberapa nama samaran atau nick name yaitu Akihiro san, Ahihiro, Gumelarzt, dan Bjorkasim.

Rabu (14/9/20220) pagi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan hacker Bjorka sudah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

Informasi terbaru tersebut merupakan hasil rapat Mahfud bersama Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (14/9/2022) pagi.

Meski demikian, Mahfud menyampaikan BIN dan Polri belum bisa mengumumkan identitas Bjorka ke publik.

“Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Pada Rabu malam.  MAH, pemuda asal Madiun, Jawa Timur, ditangkap polisi, Rabu (14/9/2022) malam. Pemuda yang kesehariannya bekerja sebagai penjual es itu dicurigai sebagai sosok di balik hacker Bjorka.

Ibu MAH, Prihatin, mengatakan, empat anggota polisi berpakaian preman mendatangi rumahnya di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun pada Rabu malam.

Ia menuturkan, polisi tak menyebutkan MAH dijemput karena kasus dugaan peretasan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved