Breaking News:

Talaga Biru Cicerem di Desa Kaduela Sudah Terkenal, Manajemen BUMDes Bikin Objek Wisata Baru

dorongan bagi manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat membuat objek wisata baru di dekat Talaga Biru Cicerem Desa Kaduela

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
BUMDes Kaduela membuat objek wisata baru bernama Side Land untuk melengkapi Talaga Biru Cicerem. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Objek wisata Talaga Biru Cicerem yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, semakin terkenal.

Ini menjadi salah satu dorongan bagi manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat membuat objek wisata baru untuk meningkatkan kualitas ekonomi kerakyatan.

"Betul, dorongan ini terwujud dengan pembuatan lapak usaha berbasis wisata alam. Namanya Side Land yang siap memberikan kepuasan bagi pengunjung saat menghabiskan waktu di sini," kata Direktur Utama BUMDes Desa Kaduela, Iim Ibrahim kepada TribunCirebon.com, Kamis (15/9/2022).

Menurut Iim Ibrahim, bbjek wisata Side Land ini tidak jauh dari Talaga Biru Cicerem. Kemudian konsep yang disajikan bagi pengunjung, dengan menyajikan beragam fasilitas untuk kenyamanan pengunjung di siang hari atau malam hari.

"Konsep wisata Side Land, kami sediakan fasilitas - fasilitas terbuka. Seperti ada kolam renang, teman bunga, glamping dan arena permainan lainnya," katanya.

Baca juga: Objek Wisata Talaga Biru Cicerem Lengkapi Wahana Baru, Begini Penjelasan Pengelola Wisata

Mengenai kenyamanan yang diberikan para pengunjung pada malam hari, kata Iim Ibrahim menambahkan, kawasan wisata Side Land ini berada di atas dataran wilayah Kabupaten Cirebon.

"Jadi, kenyamanan saat malam. Tentu pengunjung itu bisa menikmati suasana malam dengan melihat keindahan lampu di daerah Cirebon," ujarnya.

Untuk Side Land, kata Iim Ibrahim  ini sudah bisa dinikmati bagi para pelancong. Terlebih saat mereka (pelancong) membawa sanak saudara dan kerabat untuk menghabiskan waktu liburan.

"Meski belum sempurna dari tahapan pembangunan. Namun tidak menutup kemungkinan, bahwa Side Land ini bisa dikunjungi wisatawan," katanya.

Soal jarak tempuh menuju Side Land, Iim menyebut bahwa lokasi ini tidak jauh dari Talaga Biru Cicerem. "Oh, untuk pengunjung ke Side Land dari Talaga Biru Cicerem, itu hanya memakan waktu 15 menit, jika jalan kaki dan lebih cepat jika menggunakan kendaraan," katanya.

Iim menambah, luas lahan obyek wisata Side land ini ada sekitar 2 haktare dan  terdiri dari bangunan permanenkan kolam renang 4 buah dengan  20x10 meter.

"Selain keberadaan tadi, ada guest house   restaurant dan ada juga makanan khas tradisional lainnya. Dari kegiatan pengembangan usaha wisata, itu permodalan pembangunannya murni bersumber BUMDes," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved