Breaking News:

Mantan Wali Kota Banjar, Herman Sutrisno Diduga Terima Suap Hingga Rp 2,2 Miliar, Ini Kata KPK

Herman Sutrisno diduga menerima suap hingga Rp. 2,2 miliar, saat menjabat Wali Kota Banjar pada 2008 hingga 2013. 

KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Herman Sutrisno diduga menerima suap hingga Rp. 2,2 miliar, saat menjabat Wali Kota Banjar pada 2008 hingga 2013.  

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 


TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Herman Sutrisno diduga menerima suap hingga Rp. 2,2 miliar, saat menjabat Wali Kota Banjar pada 2008 hingga 2013. 


Suap tersebut diterima Herman dari Rahmat Wardi, rekanan pengusaha di bawah CV Prima yang bergerak di bidang konstruksi. 


Rahmat Wardi menyerahkan uang tersebut kepada Herman Sutrisno melalui beberapa anak buahnya.


Jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyimpulkan, berdasarkan kesesuaian bukti dan fakta persidangan, jaksa menilai unsur menerima hadiah telah terpenuhi.

Baca juga: Mantan Wali Kota Bandung Bebas Hari Ini, Dada Rosada Terjerat Kasus Korupsi Bansos dan Suap Hakim


"Bahwa walaupun penerimaan-penerimaan uang fee dari Rahmat Wardi tersebut tidak langsung diterima oleh terdakwa, tidaklah menjadi halangan untuk terpenuhinya unsur ini, sebab penerimaan yang dimaksud bisa terjadi secara tidak langsung atau melalui orang lain/perantara," ujar JPU, saat membacakan tuntutannya di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (5/9/2022). 


Adapun rincian penerimaan suap dari Rahmat Wardi terhadap Herman, dilakukan setiap tahun sesuai dengan paket pekerjaan yang didapat oleh perusahaan Rahmat Wardi.


Pada tahun pertama menjabat, Perusahaan Rahmat Wardi mendapat empat paket pekerjaan. Dari empat paket tersebut, Herman mendapatkan fee.


Pada 2009, perusahaan Rahmat Wardi kembali mendapat lima paket pekerjaan. Dari lima paket pekerjaan itu, Herman Sutrisno mendapatkan fee Rp 172.872.380 juta.


Kemudian pada 2010, Rahmat Wardi kembali mendapatkan 5 paket pekerjaan dan memberikan fee Rp 541.442.650 kepada Herman Sutrisno.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved