Breaking News:

Awas Kolestrol Naik saat Puasa Ramadan Tiba, Begini Cara Mengatasinya

Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi kolesterol naik saat puasa Ramadan

Istimewa
Penyempitan pembuluh darah akibat kadar kolestrol tinggi 

TRIBUNCIREBON.COM - Ibadah puasa Ramadan 2022 akan segera tiba, hal yang paling dinantikan saat puasa ialah berburu menu takjil dipinggir jalan.

Karenanya, banyak orang terkadang lupa menjaga asupan nutrisi berkualitas bagi tubuh, mulai dari gorengan hingga berkuah menjadi pilihan menu berbuka puasa.

Tak menutup kemungkinan, saat waktu berbuka puasa tiba banyak dari yang memilih berbuka puasa dengan makanan berat seperti daging berlemak, jeroan, junk food, atau makanan tinggi lemak jenuh lainnya.

Baca juga: Begini Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi karena Kelebihan Makan Daging saat Idul Adha

Tahukah Anda menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Annals of Nutrition and Metabolism menyatakan bahwa puasa di bulan Ramadan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Lalu, mengapa masih ada yang mengalami kenaikan kolesterol saat puasa? Berikut adalah beberapa penyebab kolesterol naik saat puasa dikutip dari hallosehat.com:

Penyebab Kolestrol

1. Tidak menjaga pola makan

Salah satu penyebab utama Anda mengalami kenaikan kolesterol saat ber puasa adalah tidak menjaga pola makan, khususnya saat sedang buka puasa. Maka itu, ada beberapa pantangan makanan yang sebaiknya Anda hindari saat buka puasa, terutama bagi penderita kolesterol tinggi.

Setelah menahan lapar dan haus sepanjang hari, Anda mungkin satu dari sekian banyak orang yang ‘balas dendam’ dengan makan beragam makanan. Mulai dari takjil minuman manis dan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Bahkan, Anda juga mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol.

Mungkin Anda berpikir karena seharian tidak mengonsumsi makanan, sah-sah saja mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Anda mungkin juga berpendapat bahwa hal tersebut tidak akan memberikan pengaruh yang terlalu besar pada kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Hati-hati Sariawan Tak Kunjung Sembuh Selama Dua Minggu, Bisa Jadi Itu Kanker Lidah, Ini Gejalanya

Padahal, itu termasuk pemahaman yang salah. Artinya, meski seharian ber puasa, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Jadi, hindari berbagai pantangan kolesterol tinggi seperti biasa, bahkan saat buka puasa. Lebih baik, tetap konsumsi makanan sehat untuk kolesterol.

2. Terjadi sindrom metabolik

Penyebab lain dari kolesterol naik saat puasa adalah sindrom metabolik, yaitu sekelompok kondisi medis yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan beragam penyakit jantung lainnya.

Biasanya, kondisi ini bisa Anda tandai dengan kenaikan tekanan darah, kenaikan gula darah, hingga kelebihan lemak dalam tubuh, khususnya pada area pinggang, hinggak kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak normal.

Tiga kondisi tersebut bisa terjadi saat puasa, khususnya jika perut yang kosong dan tidak diisi makanan selama seharian penuh tiba-tiba diisi dengan berbagai makanan tak sehat.

Baca juga: Tak Pede dengan Karang Gigi? Berikut 6 Cara Membersihkan Karang Gigi yang Bisa Dilakukan di Rumah

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved