Breaking News:

Kesehatan

Begini Cara Menurunkan Kolestrol Tinggi karena Kelebihan Makan Daging saat Idul Adha

Cara menurunkan kolestrol saat terlalu banyak makan daging seusai Idul Adha. Kolestrol tinggi bisa picu gangguan jantung, stroke

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Istimewa
Ilustrasi peredaran darah tersumbat kolesterol 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Stok daging di rumah banyak saat Idul Adha, tentunya kebutuhan makan bakal terpenuhi. Bisa jadi, daging jadi menu makanan setiap hari.

Daging merah mengandung vitamin B-12, mineral, zat bes hingga zinc yang baik untuk memproduksi sel darah merah.

Namun, perlu diingat, mengkonsumsi daging, baik daging sapi maupun kambing tidak baik bagi kesehatan

Melansir Eat This, sejumlah organisasi kesehatan memberikan rekomendasi batas aman konsumsi daging merah. Ahli dari World Cancer Research dan American Institute for Cancer Research menyarankan makan daging idealnya cukup tiga kali seminggu dengan porsi 300-500 gram untuk seminggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing, Olah Daging Kurban Idul Adha 2021 Jadi Sajian Lezat

Makan daging berlebihan bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh, terutama untuk jangka panjang. Salah satunya meningkatkan lemak jenuh dan kolesterol tinggi.

Kolestrol tinggi memicu gangguan pada jantung, jantung koroner hingga diabetes. 

Untuk menurunkan kolestrol tinggi seusai Idul Adha karena konsumsi daging yang tinggi, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

1. Olahraga

Jika asupan daging tinggi saat momen Idul Adha, kamu harus seimbangkan dengan meningkatkan intensitas olahraga. Karena fasilitas olahraga tutup di masa PPKM Darurat, kamu bisa berolahraga di rumah atau di halaman rumah.

Bisa dengan skipping, zumba, aerobic hingga berjalan kaki di sekitar rumah karena dengan kondisi asupan daging tinggi, tentu saja harus diimbangi dengan menggerakan tubuh kamu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved