Breaking News:

Kasus Subang

Rilis Sketsa Wajah Kasus Subang Malah Jadi Bola Liar, Orang Tak Bersalah Bisa Dimirip-miripkan

tokoh masyarakat di Subang menganggap munculnya sketsa wajah terduga pelaku perampas nyawa Tuti Suhartini serta Amalia Mustika Ratu menjadi bola liar

Editor: dedy herdiana
Dok. Dede Sunarya
Dede Sunarya tokoh masyarakat di Subang dan praktisi hukum. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Subang, Dwiky Maulana Vellayati. 

TRIBUNCIREBON.COM, SUBANG - Munculnya sketsa wajah terduga pelaku perampas nyawa Tuti Suhartini (55) serta Amalia Mustika Ratu (23) dapat menjadi bola liar masyarakat. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Dede Sunarya praktisi hukum sekaligus tokoh masyarakat di Subang, saat menanggapi perkembangan kasus Subang perampasan nyawa ibu dan anak,  Jumat (7/1/2022). 

Menurutnya dengan adanya rilis sketsa wajah, banyak asumsi masyarakat dengan memirip-miripkan sketsa wajah kepada orang sekitar. 

"Iya ini tentunya jadi bola liar yah terhadap tafsir publik yang dimana sketsa wajah terduga pelakunya dari belakang dan dari samping. Dengan begitu tingkat kemiripan orang pasti ada," ucap Dede.

Baca juga: Kapolda Jabar Targetkan Kasus Subang Akan Terungkap di Awal Tahun, Praktisi Hukum: Harus Rasional

Masih dikatakan Dede, asumsi liar dimasyarakat bisa mengarah kepada siapa saja tanpa ada dasarnya. Terlebih dari sketsa wajah tersebut dikeluarkan tidak dengan full wajah dari terduga pelaku. 

"Sehingga publik hanya melihat dari samping sketsa dan mempunyai cara pandang masing-masing," katanya. 

"Banyak juga yang menyebut itu mirip dari saksi a, saksi b, bahkan saksi c yang sudah terperiksa, jangankan dipusaran saksi, masyarakat biasa pun saat ini bisa dimirip-miripkan," Dede menambahkan. 

Seperti diketahui, pihak kepolisian dari Dir Res Krimum Polda Jabar sudah mendapatkan progress dari kasus yang terjadi pada 18 Agustus 2021 lalu dengan merilis sketsa wajah terduga pelaku.

Baca juga: KASUS SUBANG, Praktisi Hukum di Subang Beranggapan Pelaku Berada di Antara 69 Saksi, Siapa Dia? 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved