Breaking News:

Rawan Banjir, PT KAI Daop 3 Cirebon Siagakan Alat Material untuk Siaga di 9 Titik

sedikitnya terdapat tiga titik rawan banjir di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang membentang dari Stasiun Tanjungrasa Subang - Stasiun Songgom Brebes

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
ISTIMEWA/DOK HUMAS PT KAI DAOP 3 CIREBON
Petugas saat memperbaiki rel kereta api di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, Sabtu (6/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi bencana di musim hujan.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengakui terdapat titik rawan sehingga harus diantisipasi untuk memastikan kelancaran perjalanan kereta api.

Menurut dia, sedikitnya terdapat tiga titik rawan banjir di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang membentang dari Stasiun Tanjungrasa Subang - Stasiun Songgom Brebes.

"Kami menyiapkan mekanisme manajemen Alat Material Untuk Siaga (AMUS) untuk mengantisipasi kejadian alam yang tidak diinginkan," kata Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: Sambut Hari Pahlawan, PT KAI Daop 3 Cirebon Gratiskan Guru, Nakes, dan Veteran RI Naik Kereta Api

Ia mengatakan, titik rawan banjir tersebut di antaranya, KM 86 - 87 antara Stasiun Cikampek - Stasiun Tanjungrasa, KM 174 - 177 antara Stasiun Tanjung - Stasiun Brebes, dan KM 185 - 187 antara Stasiun Losari - Stasiun Tanjung.

Sementara AMUS ditempatkan di sembilan titik strategis, yakni Stasiun Pabuaran, Stasiun Pegadenbaru, Stasiun Telagasari, Stasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Luwung, Stasiun Sindanglaut, dan Stasiun Ciledug.

Adapun peralatan pemeliharaan jalur rel yang disiagakan untuk mengantisipasi bencana yang terjadi saat musim hujan berupa mesin MTT dan PBR untuk pemadat tubuh pendukung badan rel, eskavator, dan lainnya.

"Kami juga menyiapkan beberapa material, yakni karung berisi pasir dan batu kricak, potongan rel, serta potongan suku cadang jembatan," ujar Suprapto.

Baca juga: Daop 3 Cirebon Perpanjang Jam Operasional Layanan Rapid Test Antigen di Stasiun

Suprapto menyampaikan, personel yang disiagakan bergantian selama 24 jam untuk menangani kondisi lintas jalur rel yang terbagi dalam tiga sif kerja. 

Bahkan, selain petugas reguler pihaknya juga telah menyiapkan 50 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra dan 14 petugas posko daerah rawan ekstra yang untuk mengamankan dan memantau kondisi jalur rel.

Selain itu, PT KAI Daop 3 Cirebon pun dipastikan telah memperbaiki dan memperkuat pendukung pondasi tubuh badan rel kereta api diberbagai titik.

"Kami juga mempunyai data seputar ramalan cuaca di berbagai wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang selalu diperbaharui setiap harinya dan diinformasikan berkala oleh petugas Pusat Pengendalian Operasi (PPO)," kata Suprapto.

Pihaknya juga mengharapkan peran aktif masyarakat di sekitar jalur rel ikut membantu dalam keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved