Breaking News:

Ramai Pembatalan Pemberangkatan Haji 2021 Disebabkan Utang Negara, Ini Kata Komisi VIII DPR RI

Anggota Fraksi Golkar ini menyebut, Indonesia tidak memiliki utang atau tagihan yang belum dibayarkan terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Anggota DPR RI Komisi VIII, Itje Siti Dewi Kuraesin saat menjadi narasumber dalam kegiatan diseminasi pembatalan haji Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di salah satu hotel yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka, Senin (25/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Anggota DPR RI Komisi VIII, Hj Itje Siti Dewi Kuraesin mengatakan, bahwa pembatalan keberangkatan haji tahun 2021 ini, bukan karena utang

Bahkan dalam rapat kerja dengan Menteri Agama beberapa waktu lalu, Anggota Fraksi Golkar ini menyebut, bahwa Indonesia tidak memiliki utang atau tagihan yang belum dibayarkan terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 2021. 

"Jadi saya berharap kepada calon jemaah haji, untuk tidak perlu risau tidak perlu gundah gulana karena pembatalan ini." katanya.

"Intinya uang yang bapak ibu setorkan itu sangat aman dan kalau ada berita mengatakan karena ada utang itu tidak benar sama sekali," ujar Itje saat menjadi narasumber dalam kegiatan diseminasi pembatalan haji Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di salah satu hotel yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka, Senin (25/10/2021).

Anggota DPR RI Komisi VIII, Itje Siti Dewi Kuraesin saat menjadi narasumber dalam kegiatan diseminasi pembatalan haji Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di salah satu hotel yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka, Senin (25/10/2021).
Anggota DPR RI Komisi VIII, Itje Siti Dewi Kuraesin saat menjadi narasumber dalam kegiatan diseminasi pembatalan haji Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di salah satu hotel yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka, Senin (25/10/2021). (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

Bahkan menurutnya, informasi pembatalan pemberangkatan haji ini telah tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021.

Yakni, tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2021.

Sedangkan dalam keputusan tersebut, pertimbangan sebagai alasan pembatalan, yakni faktor kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji.

Yang terancam akibat pandemi Covid-19, di mana melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Pada waktu itu juga, sampai batas waktu yang direncanakan untuk persiapan keberangkatan jemaah haji, Kerajaan Arab Saudi belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

Baca juga: Biro Perjalanan di Majalengka Sambut Baik Kabar Dibukanya Kembali Ibadah Umrah

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved