Breaking News:

Biro Perjalanan di Majalengka Sambut Baik Kabar Dibukanya Kembali Ibadah Umrah

Pasalnya, para biro perjalanan sudah menunda keberangkatan para calon jemaah sejak akhir tahun 2019 lalu.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi
Terlihat penampakan pelangi di Mina saat jemaah haji hendak melempar jumrah, Minggu (11/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Dibukanya kembali perjalanan umrah oleh Arab Saudi disambut baik sejumlah biro perjalanan umrah dan haji di Kabupaten Majalengka.

Pasalnya, para biro perjalanan sudah menunda keberangkatan para calon jemaah sejak akhir tahun 2019 lalu.

Mereka kini tengah menunggu pengumuman teknis penyelenggaraan dari Pemerintah Indonesia, karena secara teknis belum ada penjelasan.

H Ahmad Kamaludin salah satu biro penyelenggara perjalanan haji dan umroh “Fatra” di Kabupaten Majalengka mengatakan, pihaknya hingga kini masih menunggu kabar resmi kapan dimulai dan bagaimana teknisnya.

"Apakah harus menjalani karantina baik saat keberangkatan maupun kepulangan, di mana karantina dilakukan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk tambahan tersebut," ujar Ahmad kepada Tribun, Senin (11/10/2021).

Demikian pula, jelas dia, saat berada di Makkah dan di Madinah, apakah semua tempat bisa dikunjungi termasuk tempat wisata seperti halnya sebelum pandemi atau terbatas hanya di masjid dan tempat-tempat ibadah lainnya.

Petunjuk teknis ditunggu, menurut H Ahmad, karena berkaitan juga dengan biaya yang harus dibebankan kepada para peserta jemaah umrah.

"Sebab awalnya biaya yang sebesar Rp 27.500.000 per orang itu tidak termasuk biaya karantina manakala pemerintah Arab dan Indonesia mewajibkan karantina bagi peserta umrah sama halnya dengan orang yang baru bepergian dari luar negeri," ucapnya.

Selain itu, menyangkut pembatasan usia, apakah semua usia diperbolehkan untuk berangkat atau tidak.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved