Breaking News:

Begini Cara Perusahaan Pinjol Jalankan Bisnis Haramnya, Pakai 23 Aplikasi Ilegal, 1 Terdaftar di OJK

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, Kombes Arief Rahman mengatakan, hanya satu aplikasi pinjol dari perusahaan tersebut yang terdaftar OJK.

Editor: Mumu Mujahidin
Dok. Polres Metro Jakbar
Ilustrasi: Tim Krimsus Satreksrim Polres Metro Jakarta Barat menggerebek kantor fintech penyedia pinjaman online ilegal di Sedayu Square Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (13/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Sebanyak 23 aplikasi pinjaman online dibongkar Polda Jabar.

Perusahaan pinjol ilegal yang diungkap Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar diketahui menjalankan 23 aplikasi pinjol ilegal atau tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, Kombes Arief Rahman mengatakan,
hanya satu aplikasi pinjol dari perusahaan tersebut yang terdaftar di OJK.

Aplikasi pinjol yang terdaftar di OJK itu bernama Onehope.

Sementara sisanya 23 aplikasi pinjol lainnya tidak terdaftar.

Tim Krimsus Satreksrim Polres Metro Jakarta Barat menggerebek kantor fintech penyedia pinjaman online ilegal di Sedayu Square Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (13/10/2021).
Tim Krimsus Satreksrim Polres Metro Jakarta Barat menggerebek kantor fintech penyedia pinjaman online ilegal di Sedayu Square Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (13/10/2021). (Dok. Polres Metro Jakbar)

"Satu aplikasi terdaftar dalam OJK yaitu onehope. Ada 23 aplikasi pinjaman online ilegal. Ini tidak terdaftar di OJK dan lintas daerah," ujar Arief Rahman, Jumat (15/10/2021).

Sebelumnya, Polda Jabar membongkar perusahaan pinjol ilegal yang berkantor di Yogyakarta bekerja sama dengan Ditreskrimsus Polda DIY, Kamis 14 Oktober 2021.

Dari pengungkapan tersebut diamankan sebanyak 83 orang yang bertugas sebagai debt collector serta menyita barang bukti berupa 105 ponsel yang digunakan untuk penagihan dan juga 105 komputer dan laptop yang digunakan juga untuk aktivitas pinjol ilegal.

Berikut ini daftar ke-23 aplikasi ilegal :

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved