Breaking News:

Ridwan Kamil: Meski Pandemi, Industri Kreatif Berbasis Digital di Jabar Tumbuh 40 Persen

Tak hanya bisnis kelas kakap, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga ikut terdampak dari adanya pandemi

Editor: Machmud Mubarok
Tribun Jabar/ Daniel Andreand Damanik
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Atalia Kamil, dan Kadisbudpar Jabar Dedy Taufik saat diwawancara wartawan seusai parade AAF di Jalan Asia Afrika, Bandung, Sabtu (29/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan juga termasuk Indonesia, telah memukul roda perekonomian.

Tak hanya bisnis kelas kakap, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga ikut terdampak dari adanya pandemi yang sudah berumur 1 tahun lebih ini.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Cafe dan Resto Outdoor di Jabar Boleh Layani Makan di Tempat, Begini Aturannya

Digitalisasi ini merupakan salah satu upaya untuk menjawab tantangan akan surutnya bisnis UMKM imbas pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Hal tersebut telah terbukti di Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan, pertumbuhan ekonomi kreatif yang tidak berbasis kerumunan (menerapkan digitalisasi) mengalami pertumbuhan sebesar 40 persen di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Kampus UMKM Shopee Ekspor Akan Jadi Lokomotif UMKM Jabar Jualan Produk ke Luar Negeri

“Ada ekonomi kreatif yang tidak berbasis kerumunan itu justru tumbuh. Di Jawa Barat tercatat, industri kreatif yang berbasis digital itu tumbuhnya malah tinggi 40 persen,” papar pria yang akrab disapa Kang Emil dalam diskusi secara virtual, Kamis (2/9/2021).

“Ada juga game developer di Kota Bandung yang pendapatannya naik 4 kali lipat. Ada juga pengusaha pangan yang dia sudah siap dengan supermarket digital-nya, dan pendapatan naik 3 kali lipat,” sambungnya.

Dari adanya contoh kasus tersebut, Emil mengatakan bahwa tidak semua lini bisnis usaha mengalami penurunan kinerja yang signifikan akibat pandemi.

Namun, terdapat pula beberapa bisnis yang mengalami peningkatan.

Dan lagi-lagi solusinya adalah penerapan digitalisasi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved