Breaking News:

Hari Jadi ke-523 Kuningan, Warga Kelahiran September Gratis Masuk Objek Wisata, Cukup Tunjukkan KTP

penggratisan tiket masuk ke objek wisata. Sedikitnya sudah ada 41 pengunjung yang tak perlu bayar di dua tempat wisata

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Kawasan Situ Cicerem Desa Kaduela Kuningan Jawa Barat 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Momentum Hari Jadi ke-523 Kuningan, diwarnai dengan penggratisan tiket masuk ke objek wisata. Sedikitnya sudah ada 41 pengunjung yang tak perlu bayar di dua tempat wisata pada Rabu (1/9/2021).

Jumlah itu diketahui dari objek wisata di Talaga Biru Cicerem, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan juga di Objek Wisata kolam renang Zamzam Pool yang berada di Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat.

Direktur BUMDes Talaga Biru Cicerem, Iim mengatakan para pengunjung masuk gratis itu ada sebanyak 30 orang. "Mereka datang dengan menunjukkan KTP. Jujur, ini sebagai bukti kita dalam berpartisipasi di moment Hari Jadi Kuningan," kata Iim saat dihubungi ponselnya.

Hal sama dikatakan Owner Zamzam Pool, Umbara, yang menyebutkan  jumlah pengunjung yang masuk gratis ke sini, baru ada sebanyak 11 orang.

"Iya, untuk hari pertama di Bulan September ini. Ada 11 pengunjung datang dengan menunjukkan KTP," katanya.

Baca juga: Waduk Kuningan Dijaga Ketat Petugas Keamanan, Warga Senang Masih Bisa Ambil Foto Jokowi

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Kuningan, Ini Kata Eks Bupati Tokoh Pembangunan Yang Tak Diundang

Diberitakan sebelumnya,  momentum Hari Jadi Kuningan yang jatuh pada setiap tanggal 1 September, menjadi alasan pengelola wisata di Kuningan ini tidak akan memungut biaya tiket masuk.

"Iya, sebagai rasa dan kecintaan terhadap daerah. Apalagi momentum Hari Jadi Kuningan ke 532, kami menggratiskan tiket masuk bagi pengunjung," kata Umbra pengelola objek wisata kolam renang Zamzam Pool yang terletak di Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat, Minggu (29/8/2021).

Upaya menggratiskan bagi pengunjung masuk, kata Umbara mengaku bahwa ini berlaku kepada calon pengunjung yang memiliki bulan lahir pada September.

"Ketentuan pengunjung gratis itu jelas yang memiliki identitas atau dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang memiliki lahir di Bulan September. Jadi, syarat dan ketentuannya itu mereka (calon pengunjung) yang mengaku memiliki bulan lahir pada September. Jadi cukup bawa KTP dan menunjukkan kepada petugas tiket saja," ujarnya. 

Hal serupa pun dilakukan Manajemen Objek Wisata Pondok Cai Pinus, yakni Gugun yang berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur.

"Betul, sebagai bentuk penghargaan dan rasa kecintaan kepada daerah. Kami ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Jadi Kuningan ke 523 untuk tahun sekarang," katanya.

Terpisah Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sekaligus pengelola Talaga Biru Cicerem, yakni Iim saat ditemui di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan ini membenarkan bahwa untuk calon pengunjung yang memiliki bulan lahir September itu tidak dilakukan pemungutan biaya tiket masuk.

"Sebagai bentuk peringatan Hari Jadi Kuningan, kami menggratiskan tiket masuk kepada pengunjung yang menunjukkan KTP, jika benar itu bulan lahir pada Bulan September," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved