Breaking News:

Ini Sederet Fungsi Vending Machine SSA, Fasilitas Terbaru di Stasiun Cirebon

Stasiun Cirebon mempunyai fasilitas baru berupa vending machine Self Service Application ( vending machine SSA).

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah fitur yang tersedia dalam vending machine SSA di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Rabu (28/7/2021) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Stasiun Cirebon mempunyai fasilitas baru berupa vending machine Self Service Application ( vending machine SSA).

Fasilitas tersebut merupakan pengembangan dari Check In Counter (CIC) sehingga bentuknya tidak jauh berbeda dibanding sebelumnya.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, tidak seperti mesin CIC yang hanya berfungsi sebagai mesin cetak boarding pass.

Baca juga: 12 Stasiun di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon Hadirkan Fasilitas Vending Machine SSA

"Vending machine SSA bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam pelayanan tiket kereta api," ujar Suprapto saat ditemui di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Rabu (28/7/2021).

Ia mengatakan, mesin tersebut dapat digunakan untuk pemesanan go show tiket kereta api lokal, jarak menengah hingga jarak jauh.

Selain itu, vending machine SSA juga bisa dipergunakan untuk memproses pengubahan jadwal tiket kereta api, pembatalan tiket kereta api, penambahan tiket bagi infant, dan lainnya.

"Fasilitas ini juga tetap bisa dipakai sebagai check in counter mencetak tiket boarding pass secara mandiri," kata Suprapto.

Baca juga: PT KAI Daop 3 Cirebon Perketat Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh Selama PPKM Level 4

Suprapto menyanpaikan, aplikasi itu merupakan pengembangan layanan RTS 4.0 melayani melayani para penumpang yang sudah berada di stasiun dan belum mempunyai tiket.

Namun, dalam tahap awal diluncurkannya fasilitas itu, penumpang baru bisa memesan tiket untuk keberangkatan pada hari-H dan stasiun keberangkatan kereta apinya harus sesuai dengan transaksi di layanan SSA tersebut.

Selain itu, dalam proses pembelian tiket kereta api, penumpang dapat membayar melalui e-walet, misalnya, LinkAja, Ovo, GoPay, Dana, dan lainnya.

Baca juga: Selama PPKM Darurat, PT KAI Daop 3 Cirebon Catat Jumlah Penumpang Menurun Drastis

"Para penumpang bisa membatalkan pemesanan tiket dan mengubah jadwal secara mandiri melalui vending machine SSA," ujar Suprapto.

Di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, fasilitas itu tersedia di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Ketanggungan, Stasiun Ciledug, Stasiun Losari, Stasiun Babakan, Stasiun Arjawinangun, Stasiun Jatibarang, Stasiun Terisi, Stasiun Haurgeulis, dan Stasiun Pagaden Baru.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved