Breaking News:

PPKM Level 3 dan 4

Ini Daftar 11 Kota/Kabupaten di Jabar yang Akan Terapkan PPKM Level 3, Keterisian RS Terus Membaik

ridwankamil membuat sebuah utas dan menyampaikan bahwa terdapat 11 daerah di Jawa Barat yang semakin membaik dan menerapkan PPKM Level 3.

Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com
PPKM Leevel 3 dan Level 4 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Shania Septiana

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Presiden Joko Widodo resmi memperpanjang PPKM Level 4 mulai dari tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. 

Jokowi mengatakan kebijakan tersebut tetap dilakukan atas pertimbangan kesehatan, ekonomi, dan dinamika sosial.

Melalui akun Twitter pribadinya @jokowi,  menyampaikan kebijakan yang dia buat dan harus ditaati oleh masyarakat.

"Mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli - 2 Agustus 2021 dengan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat secara bertahap," tulisannya, Minggu (25/7/2021).

Meski diperpanjang, Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan berbagai penyesuaian terkait dengan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati.

Baca juga: Di Hari Terakhir PPKM Level 4, Polisi Kuningan Datangi Rumah Makan Cek Penerapan Aturan

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Pemerintah Diimbau Terus Kampanyekan Prokes 3M

Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok bisa buka kapasitas maksimum 50 persen dengan jam buka terbatas sampai pukul 15.00 WIB. 

Usaha-usaha kecil seperti pedagang kaki lima diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai jam tertentu.

Jokowi menegaskan hal-hal teknis lainnya terkait relaksasi PPKM level 4 akan dijelaskan oleh menteri koordinator dan menteri terkait. 

Jokowi menyatakan pemerintah meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat karena dampak pandemi Covid-19 ini menyasar sektor ekonomi juga.

Baca juga: PPKM Diperpanjang Sampai 2 Agustus, Bupati Indramayu Langsung Beri Respons, Ini Katanya

Baca juga: Presiden Joko Widodo Umumkan PPKM Level 4 Diperpanjang 26 Juli Hingga 2 Agustus dengan Pelonggaran

Menyoal pemanjangan PPKM, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan kabar baik berupa data penurunan Covid-19 di Jawa Barat.

Melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil membuat sebuah utas dan menyampaikan bahwa terdapat 11 daerah di Jawa Barat yang semakin membaik dan menerapkan PPKM Level 3.

"Presiden malam tadi mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 sampai 2 Agustus 2021. Secara umum situasi membaik namun belum terkendali sepenuhnya," cuitnya, Minggu (25/7/2021).

"Namun, alhamdulillah ada 11 daerah yg berhasil membaik sehingga diperbolehkan melaksanakan PPKM di Level 3 dengan berbagai pelonggaran," tulis Kang Emil, sapaan akrabnya.

Dari 11 daerah di Jawa Barat yang menerapkan PPKM Level 3, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Subang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Garut, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

Kemudian keterisian RS untuk covid di Jabar juga terus membaik, hari ini turun lagi ke 69%.

"Alhamdulillah Jabar terbanyak di Jawa Bali wilayahnya yang bisa melaksanakan PPKM level 3, semoga kedepannya semua bisa ke level 2 ataupun level 1," tulisannya.

"Penentuan Level 1-4 menyesuaikan dengan standar WHO terkait indeks kasus harian, kesembuhan, kematian, BOR, testing tracing dll," tambahnya.(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved