Breaking News:

Idul Adha 2021

Jelang Idul Adha, Benarkah Dilarang Potong Kuku dan Rambut Saat Akan Berkurban? Begini Penjelasannya

Salah satu yang sering ditanyakan sebelum Idul Adha atau Hari Raya Kurban adalah bagaimana hukum memotong kuku dan rambut saat akan berkurban?

Editor: dedy herdiana
Tribunnews.com
Ilustrasi: Jelang Idul Adha, Benarkah Dilarang Potong Kuku dan Rambut Saat Akan Berkurban? Begini Penjelasannya 

TRIBUNCIREBON.COM - Umat muslim akan segera merayakan hari raya Idul Adha 2021.

SKB tiga Menteri dan ketetapan PP Muhammadiyah sudah mengumumkan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H. jatuh pada 20 Juli 2021.

Salah satu yang sering ditanyakan sebelum Idul Adha atau Hari Raya Kurban adalah bagaimana hukum memotong kuku dan rambut saat akan berkurban?

Banyak informasi berseliweran di grup WA bahwa bagi yang akan kurban tahun ini maka dianjurkan untuk tidak memotong kuku atau rambut sejak 10 hari sebelum melaksanakan kurban

Baca juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap dengan Hal-hal yang Disunahkan Sebelum Sholat Id

Dengan kata lain, mereka yang akan kurban sebaiknya tidak memotong kuku atau rambut sejak tanggal 1 Dzulhijjah ( lusa, Minggu 11 Juli 2021) hingga 9 Dzulhijja ( Senin 19 Juli 2021), karena Idul Ada atau Hari Raya Kurban diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah ( 20 Juli 2021)

Untuk diketahui, PP Muhammadiyah menetapkan ketetapan Idul Adha 2021 dalam surat maklumat bernomor 01/MLM/I.0/E/2021.

Meski sudah ada penetapan dari PP Muhammadiyah, seperti biasanya, tanggal Idul Adha 2021 akan ditetapkan pemerintah sesuai hasil sidang isbat.

Mengenai banyaknya informasi berseliweran di grup WA bahwa bagi yang akan kurban tahun ini maka dianjurkan untuk tidak memotong kuku atau rambut sejak 10 hari sebelum melaksanakan kurban, berikut penjelasannya.

Wakil Sekretaris PWNU DIY, Ustaz Muhajir menjelaskan terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum memotong rambut dan kuku bagi orang yang berkurban saat memasuki bulan Dzulhijjah.

"Memang terdapat perbedaan pendapat terkait hal ini, ada yang mengatakan tidak boleh untuk memotong rambut dan kuku saat hendak berkurban, ada yang memakruhkannya. Adapula, sebagian pendapat yang membolehkannya," jelasnya pada Jumat (24/07/2020).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved