Breaking News:

Polres Majalengka Belum Ditemukan Adanya Apotek yang Lakukan Penimbunan Obat

Sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan stok obat dan APD, masker dan hand sanitizer di tengah mewabahnya kasus Covid-19.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Petugas Sat Narkoba Polres Majalengka sidak ke sejumlah apotek terkait mengantisipasi adanya penimbunan obat-obatan 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Majalengka, Polda Jabar, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah apotek, Senin (5/7/2021).

Sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan stok obat dan APD, masker dan hand sanitizer di tengah mewabahnya kasus Covid-19.

Adapun, operasi tersebut dipimpin KBO Satnarkoba Polres Majalengka, Iptu Zaenal Abidin tersebut.

"Kita berharap tidak adanya penimbunan. Karena penimbunan inilah yang membuat harga melambung tinggi. Ini biasanya permainan oknum," ujar Kapolres Majalengka, AKBP Syamsul Huda, melalui Kasat Narkoba, AKP Udiyanto, Senin (5/7/2021).

Diakuinya, dari beberapa tempat yang diperiksa, tidak ditemukan adanya indikasi penimbunan obat dan alkes maupun HET obat dan alkes.

Adapun, apotek yang didatangi masih sesuai dengan keputusan Kemenkes RI No HK.1.7/Menkes/ 4826 Tahun 2021, tentang harga eceran tertinggi obat dalam masa Covid-19.

"Bahkan, dalam penjualan obat kita temukan masih sesuai resep. Selain itu, kita juga sekaligus mensosialisasikan adanya aturan perdagangan dan jika ada penimbunan akan ditindak tegas," ucapnya.

Kasat Narkoba menjelaskan, jika ada yang mengambil keuntungan dengan menimbun barang dapat dijerat pasal 107 UU Nomor 7, tahun 2014 akan dipidanakan sesuai pasal yang berlaku.

Khususnya, pasal yang berkaitan tentang perdagangan.

"Jika ada yang melakukan akan kita lakukan penindakan tegas sesuai hukum yang berlaku," jelas dia.

Baca juga: Cegah Harga Obat Naik Gila-gilaan, Polisi Sidak Apotek di Indramayu, Ini Sanksi yang akan Diberikan

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved