Breaking News:

Bawang Putih

Bila Dapat Pesan Bawang Putih Ampuh Obati Covid-19, Apakah Harus Dicoba? Simak Penjelasannya di Sini

Di tengah wabah Covid-19 yang belum menurun, pernah beredar pesan tentang air rebusan bawang putih bisa mengobati pasien yang terinfeksi virus corona.

Editor: dedy herdiana
SHUTTERSTOCK/Kompas.com
bawang putih 

TRIBUNCIREBON.COM - Di tengah wabah Covid-19 yang belum menurun, pernah beredar pesan tentang air rebusan bawang putih bisa mengobati pasien yang terinfeksi virus corona.

Ternyata pesan itu merupakan informasi hoaks, jika kabar itu kembali merebak, misal hadir di pesan-pesan grup media sosial, ingat, jangan langsung percaya.

Seorang ahli di artikel ini menjelaskan bahwa untuk merilis obat membutuhkan 4 tahap sebelum dinyatakan aman dan digunakan oleh masyarakat.

Kabar-kabar tentang kesehatan untuk menyebuhkan suatu penyakit biasanya langsung ramai menyebar di berbagai grup pesan media sosial, termasuk ketika Covid-19 asal Wuhan, China itu, yang kini kembali meningkat.

Baca juga: Saat Isolasi Mandiri, Pasien Covid-19 di Sukabumi Meninggal, Petugas Gotong Jenazahnya 800 Meter

Baca juga: Dahsyatnya Manfaat Bawang Putih, Mulai dari Obat Awet Muda, Bisa Melawan HIV hingga Antikanker

Hoaks kesehatan yang sempat beredar lewat media sosial pada awal 2020 lalu beredar baik dalam bentuk video maupun pesan berantai.

Berikut narasinya:

"Ini bawang putih yang besar ambil 8 biji, dikupas kulitnya ditaruh mangkuk dituang 7 gelas air mendidih selama 3 menit setelah itu diminum langsung 2 gelas, ternyata pasien yang kena virus corona sembuh di hari kedua/setelah malam minum air bawang putih ini!!!!"

Akun media sosial Divisi Humas Polri @DivHumas_Polri menginfokan air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus corona adalah hoaks atau tidak benar.

Sebagai informasi, hingga saat ini belum ada obat untuk mengatasi virus corona Wuhan.

Menanggapi hal tersebut, Ahli Farmakologi dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Sugiyanto, SU., Apt., mengatakan sejumlah kalangan terlalu menyederhanakan penemuan obat.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved