Breaking News:

Bawang Putih

Bawang Putih Ampuh Hilangkan Jerawat, Benarkah? Simak Sejumlah Penjelasan Logisnya di Sini

Benarkah demikian, adakah hasil studi atau penelitiannya ? Yuk, simak penjelasan logisnya tentang manfaat dan efek samping bawang putih untuk jerawat

Editor: dedy herdiana
Pagez
Bawang Putih 

TRIBUNCIREBON.COM - Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga banyak diklaim ampuh untuk mengobati banyak penyakit termasuk menghilangkan jerawat.

Benarkah demikian, adakah hasil studi atau penelitiannya ? Yuk, simak penjelasan logisnya tentang manfaat dan efek samping bawang putih untuk jerawat di sini.

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang paling sering diteliti karena disebut memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Banyak diklaim sebagai obat alami yang bisa sembuhkan beragam penyakit, karena tanaman dari genus Allium ini dikenal kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas.

bawang putih
bawang putih (SHUTTERSTOCK/Kompas.com)

Baca juga: Makan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Kolesterol dan Darah Tinggi, tapi Jangan Asal Makan, Ada Caranya

Salah satu manfaat bawang putih yang cukup terkenal, dilansir dari hellosehat.com, adalah disebut ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat. Pernyataan ini mungkin muncul karena memiliki senyawa di bawah ini:

- Antibakteri
- Antioksidan
- Anti-inflamasi (peradangan)

Ketiga sifat tersebut memang secara teori dapat membantu mengurangi jerawat. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan di Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research pada 2017.

Penelitian yang diikuti oleh 20 peserta ini mencoba melihat apakah penggunaan bawang putih secara topikal dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Para peserta diminta untuk mengoleskan gel yang mengandung 3,5% atau 7,5% bawang putih mentah ke punggung tangan mereka selama 60 menit. Hal ini bertujuan untuk melihat tingkat sensitivitas kulit setiap peserta.

Hasilnya, kebanyakan peserta melaporkan tidak adanya gejala iritasi pada kulit meskipun tidak memiliki rincian laporan. Selain itu, peneliti juga menguji bahwa gel bawang putih dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved