Breaking News:

Mendikbudristek Nadiem Keluarkan Panduan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Dipakai Mulai Juli 2021

panduan bakal menjadi alat bantu untuk guru jenjang PAUDdikdasmen dalam menggelar pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Editor: Machmud Mubarok
Tribunnews.com
Nadiem Makarim 

TRIBUNCIREBON.COM - Kemendikbudristek dan Kemenag (Kemenag) meluncurkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUDdikdasmen) di Masa Pandemi Covid-19.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan panduan bakal menjadi alat bantu untuk guru jenjang PAUDdikdasmen dalam menggelar pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

"Para pemangku kepentingan di bidang pendidikan membutuhkan panduan operasional sebagai turunan SKB Empat Menteri untuk memudahkan dalam mempersiapkan dan melaksanakan PTM terbatas," ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/6/2021).

Mantan CEO Gojek ini berharap panduan ini dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan PTM.

Selain itu, Nadiem mengatakan panduan ini dapat disesuaikan dan dikembangkan berdasarkan kondisi sekolah pada daerah masing-masing.

Baca juga: Robert Alberts Bocorkan Calon Pemain Asing Persib Bandung, Masih Fokus di Kualifikasi Piala Dunia

Baca juga: 237 Sekolah di Kota Bandung Lolos untuk Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Siap Lakukan Ujicoba

Baca juga: KBM Tatap Muka di Majalengka Digelar Juli 2021, tapi Kemungkinan Besar Dilaksanakannya Terbatas

"Kami harap panduan ini dapat dipelajari dengan seksama dan diterapkan sebaik mungkin demi kebaikan kita semua dan tentu saja saya juga tidak akan berhenti mengingatkan betapa pentingnya kolaborasi semua pihak dalam pelaksanaan PTM terbatas,” tutur Nadiem.

Panduan ini terintegrasi dengan menampilkan teks utama yang didukung glosarium dan sumber belajar. 

Panduan ini diharapkan dapat pembelajaran yang mengantisipasi dampak negatif learning loss.

Ada enam bagian yang disampaikan pada panduan ini terdiri dari Pendahuluan, Ketentuan Pokok Penyelenggaraan Pembelajaran, Konsep-konsep Implementasi Pembelajaran PAUDdikdasmen di Masa Pandemi Covid-19.

Lalu Pengelolaan dan Jadwal Pembelajaran di Satuan Pendidikan, serta Rencana Pelaksanaan dan Jadwal Pembelajaran Kelas/Mata Pelajaran, Penjaminan Mutu Pembelajaran Pauddikdasmen di Masa Pandemi Covid-19: Pemantauan Pembelajaran dan Tindak Lanjut Pengembangan Pembelajaran, serta Lampiran.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved