Breaking News:

Mayoritas Desa Wisata di Kuningan Disertai Naskah Kuno, Begini Penjelasan Ketua Komisi II DPRD

Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPRD Kuningan, Rani Febrianin saat ditemui di sela penyambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mumu Mujahidin
Ahmad Ripai/Tribuncirebon.com
Cinta Laura Kiehl dan Dea Noviantika KDI 2 Indosiar bareng Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno tengah melangsungkan kegiatan kunjungan sekaligus mendongrak desa wisata di Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Banyaknya objek wisata yang tersebar di daerah Kuningan, ternyata didukung adanya naskah kuno.

Seperti halnya berada di Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPRD Kuningan, Rani Febrianin saat ditemui di sela penyambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Desa Cibuntu, tadi, Senin (31/5/2021).

Rani menyebut bahwa setiap desa yang termasuk dalam pengembangan Desa Wisata ini memiliki latar belakang dan sejarah kearifan lokal.

"Ya, hampir semua desa dalam pengembangan Desa Wisata di Kuningan ini memiliki naskah kuno serta bisa dibuktikan dengan nilai akademik," ungkapnya.

Baca juga: Cinta Laura Keihl Dampingi Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Kunjungan ke Desa Wisata di Kuningan

Daerah Desa Wisata yang tersebar, kata dia, termasuk yang memiliki naskah kuno itu meliputi Desa Cibuntu, Desa Cikadu, Dea Luragung.

"Dari desa tadi, semua naskah kuno itu dikenal sebutan Naskah Mandala atau Naskah Pendidikan.

Nama Mandala itu dari bahasa sangsakerta dan penulisannya juga menggunakan aksara lama," ujarnya.

Adanya kunjungan Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, kata Rani mengaku sangat membantu bagi masyarakat dan lingkungan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved