Breaking News:

Bupati Kuningan Klaim 72 Ribu Anak–anak di Kuningan Miliki Kartu Identitas, Bisa untuk Daftar BPJS

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengklaim ada puluhan ribu anak – anak di Kuningan sudah memiliki Kartu Identitas Anak

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Bupati Kuningan H Acep Purnama saat memberi bantuan di Hari Ulang Tahun Ikatan Guru Taman Kanak – Kanak Indoensia, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat di halaman Toserba yang terletak di Jalan RE. Martadinata, Senin (24/5/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Bupati Kuningan H Acep Purnama mengklaim ada puluhan ribu anak – anak di Kuningan sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu Identitas anak ini bersifat wajib dimiliki setiap anak berusia nol sampai 17 tahun kurang sehari.

"Allhamdulilah, melalui Disdukcapil dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) sudah banyak. Sampai hari jumlahnya sudah ada sekitar 72 ribu anak yang sudah memiliki KIA,” ungkap Bupati Acep disela kegiatan Hari Ulang Tahun Ikatan Guru Taman Kanak–kanak Indoensia, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat di halaman Toserba yang terletak di Jalan RE. Martadinata, Senin (24/5/2021).

KIA, kata Acep sekaligus orang pertama di Kuningan, sangat bermanfaat untuk mendaftar sekolah, BPJS, Imigrasi, Klaim Asuransi hingga sampai mencegah perlindungan anak dari ancaman dan gangguan lingkungan. 

“Iya, ketika anak memiliki KIA dalam urusan adminstrasi seperti yang disebut pembuatan dalam pembuatan BPJS, keperluan untuk daftar sekolah. Ini sangat berguna bagi bapak – ibu di keluarga masing – masing,” ujarnya. 

Baca juga: Terancam Hukuman Mati, Keluarga TKW di Majalengka Sedih, Yakin Nenah Tak Membunuh Sopir Majikannya

Baca juga: Tak Jauh Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya, Begini Penjelasan Soal Pendaftaran PPDB di Kuningan

Orang pertama di Kuningan ini mengklaim bahwa masyarakat bisa langsung datang ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil dan mengikuti anjuran petugas di sana. 

“Ya tinggal datang saja, apalagi pembuatan KIA ini sangat baik dan bisa bermanfaat bagi anak kita dalam urusan adminstrasi nanti. Kemudian dalam pembuatannya jelas tidak di pungut biaya alias gratis,” ujarnya.

Bupati mengulas mengenai jadwal pelaksanaan pelayanan KAI ini berlaku di setiap desa yang tercatat mulai  Senin, 24 Mei 2021. Kebetulan masuk pelayanan untuk cabang Subang (Subang, Selajambe, Cilebak).

“Untuk Selasa, 25 Mei 2021 Cabang Garawanggi (Garawangi, Hantaran, Sibdangagung, Ciniru), Kamis, 27 Mei 2021Cabang Cilimus, (Cilimus, Cigandamekar, Pasawahan, Mandirancan, Pancalang), 28 Mei 2021 Cabang Kramatmulya, (Kramatmulya, Japara, Kakak sama) , Rabu, 2 Juni 2021Cabang Kuningan, (Kuningan, Cigugur), Kamis 3 Juni 2021Cabang Luragung, (Luragung,  Lebakwangi, Maleber, Ciwaru, Cibingbin, Cibeureum, Karangkancana, Cimahi), Jum'at, 4 Juni 2021 Cabang Ciawigebang (Ciawigebang, Cidahu, Kalimanggis, Cipicung), dan Senin, 07 Juni 2021cabang Kadugede (Kadugede, Nusaherang, Darma),” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved