Breaking News:

Tak Jauh Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya, Begini Penjelasan Soal Pendaftaran PPDB di Kuningan

Abidin menyebut bahwa PPDB Online tidak jauh dari pengalaman tahun pendidikan sebelumnya.

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan, Abidin 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Menghadapi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di daerah, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan, Abidin memberikan penjelasan.

Abidin menyebut bahwa PPDB Online tidak jauh dari pengalaman tahun pendidikan sebelumnya.

"Mengenai pelaksanaan kegiatan PPDB online ini tak jauh dengan pengalaman tahun sebelumnya," ungkap Kabid SMP Abidin tadi, Senin (24/5/2021) saat berbincang FBL (Facebook Live) Tribuncirebon.com

Kabid Abidin mengatakan bahwa pelaksanaan PPDB online terbuka dan ini berpatokan pada aturan kementerian pendidikan.

Baca juga: Di Indramayu, Laman Pendaftaran Online PPDB 2021 Masih Dikelola Masing-masing Sekolah

Namun tidak menutup kemungkinan dengan cara pendaftaran PPDB offline.

"Dua mekanisme saat masa pendaftaran PPDB untuk pelajar SMP di Kuningan ini bisa secara online dan offline. Mayoritas pelaksanaan offline atau berhadapan langsung ini diberikan pada calon siswa yang berada di radius lembaga pendidikan tersebut," ungkapnya.

Mengenai jumlah lembaga pendidikan untuk kategori menengah alias SMP, kata Kabid Abidin mengaku bahwa jumlah SMP se Kuningan ada 71 SMP Negeri berikut 8 bangunan satu atap. Kemudian di tambah sebanyak 29 SMP Swasta dan 4 SMP Terbuka.

"Dari total lembaga pendidikan SMP di Kuningan tadi, baik SMP Negeri, Swasta dan SMP terbuka serta bangunan SMP satap (satu atap) itu meluluskan sebanyak kurang lebih 13 ribu siswa," ungkapnya.

Menyinggung soal pelaksanaan PPDB online, kata Kabid Abidin mengklaim bahwa secara teknis belum bisa di lakukan bagi masyarakat luas.

Hal itu menyusul akan dilakukan kerjasama dengan provider sebagai penunjang fasilitas jaringan internet saat mengoperasikan aplikasi PPDB.

"Ya secara teknis kita belum bisa, sebab besok akan dilangsungkan kerjasama dengan Telkomsel sekaligus sebagai penyandang fasilitas kebutuhan online. Sebab di Kuningan ada beberapa daerah yang mengalami blank spot," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved