Breaking News:

Tentara Amerika Datangi Markas Yonif Raider 321/GT Kostrad Majalengka, Ini yang Mereka Lakukan

Tentara Amerika dari Tim MTT Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army mendatangi Tentara Yonif Raider 321/GT Kostrad Majalengka

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Tentara Amerika dari Tim MTT Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army mendatangi Tentara Yonif Raider 321/GT Kostrad Majalengka, Senin (10/5/2021). 
Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto
TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Tentara Amerika dari Tim MTT Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army mendatangi Tentara Yonif Raider 321/GT Kostrad Majalengka, Senin (10/5/2021). 
Ternyata mereka melaksanakan kegiatan bersama dalam rangka hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Amerika Serikat,.
Tentara Amerika sendiri dipimpin oleh Kapten Charles Leshauan Smith.
Kedatangan Tim MTT SFAB US Army disambut dengan baik oleh prajurit Yonif Raider 321/GT Kostrad.
Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan penyambutan oleh Komandan Batalyon Infanteri Raider 321/GT Kostrad, Letnan Kolonel Inf Octavian Englana P kepada Tim MTT SFAB.
Kemudian, melaksanakan foto bersama di depan Loby Mayon dilanjutkan dengan pengenalan profil satuan Yonif R 321/GT Kostrad.
Octa mengucapkan selamat datang kepada prajurit Tim MTT SFAB yang melaksanakan kegiatan latihan bersama.
"Selaku Komandan Batalyon saya mengucapkan selamat datang di satuan kebanggan kami Yonif R 321/GT Kostrad,“ ujar Octa, Senin (10/5/2021).
Menurutnya, suatu kebanggaan bagi pihaknya dapat menyelenggarakan latihan bersama dengan Tim MTT SFAB.
Disampaikannya, tidak ada prajurit yang hebat, yang ada prajurit yang terlatih.
Jadikan latihan bersama ini sebagai wujud kerja sama dan hubungan bilateral.
"Tentunya untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit dalam mengemban tugas," ucapnya.
Octa menjelaskan, Latihan yang dilakukan Tim SFAB sendiri untuk melanjutkan orientasi keliling satuan.
Adapun, tahapan latihan diawali dengan memasuki Aula Serba Guna untuk menerima materi Sejarah US ARMY dari Tim MTT SFAB.
Hari-hari berikutnya MTT SFAB dari US Army terus melekat dengan Prajurit Galuh Taruna untuk saling bertukar pikiran dan saling berbagi kemampuan tempur.
Tidak hanya itu, mereka juga berolahraga bersama-sama untuk menjaga kesehatan dan kemampuan fisik. 
Tentara Amerika dari Tim MTT Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army berfoto bersama dengan Tentara Yonif Raider 321/GT Kostrad Majalengka, Senin (10/5/2021).
Tentara Amerika dari Tim MTT Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army berfoto bersama dengan Tentara Yonif Raider 321/GT Kostrad Majalengka, Senin (10/5/2021). (TribunCirebon.com/Eki Yulianto)
Seiring berjalannya waktu yang telah dilakukan antara US Army dan Prajurit Galuh Taruna, rasa kebersamaan dan persahabatan terus tumbuh.
Dengan adanya hubungan baik antara dua satuan dari negara yang berbeda, tentunya akan meningkatkan persahabatan kedua negara.
"Di hari terakhir nanti, Yonif R 321/GT akan menggelar Culture Night (Malam Budaya) yang ditujukan untuk memperkenalkan kebudayaan Majalengka, dan Jawa Barat. Penampilan dari Sanggar Tari Sunda Rancage diharapkan menarik perhatian para tentara Amerika untuk ikut bergembira sehingga dapat mengenal budaya lokal," jelas dia. 
Sejarah Singkat Yonif Raider 321/GT

Batalyon Infanteri Raider 321/Galuh Taruna (atau Yonif 321/Galuh Taruna) adalah Batalyon infanteri yang berkualifikasi Raider. Berada di bawah kendali komando Brigade Infanteri 13/Galuh, Divisi Infanteri 1/Kostrad.Markas Komando (mako) berada di Jalan Kyai Haji Abdul Halim, Majalengka (45418), Jawa Barat.

Sebagai tonggak sejarah Kesatuan Yonif 321/13/1 Kostrad di mulai sejak tanggal 19 April 1950, di Timur Kupang, yaitu dengan adanya reorganisasi Yon “AA” Brigade 12 Divisi Siliwangi menjadi Brigade “K”.

Brigade K kemudian berubah menjadi Yon Siliwangi Kompi C pada tanggal 26 Oktober 1959. Selanjutnya mengalami perubahan menjadi Yon 710 bertempat di Pangandaran, Ciamis, yang akhirnya menjadi Yonif 321/13/1 Kostrad di Majalengka sampai dengan sekarang.

Yonif 321/Kostrad adalah batalyon jajaran Divisi Infanteri 1/Kostrad tahun anggaran 2015 yang melaksanakan latihan pembentukan Raider gelombang II. Sebelumnya dalam latihan Raider tersebut, Yonif Para Raider 330/Tri Dharma adalah batalyon yang melaksanakan latihan gelombang I, dan disusul gelombang III Yonif Linud 328/Dirgahayu.

Latihan bertempat di lapangan Kartika yang berada di kawasan Pusat Pendidikan Infanteri, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Peserta latihan berjumlah 126 pelaku dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri 321/GT/1/Kostrad Letkol Inf Rama Pratama, M.Si (Han).

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved