Breaking News:

Bupati Sebut Bakal Dibangunnya Kampus 2 Polman Bandung di Majalengka Jadi Rezeki Nomplok

Rencananya kampus 2 Polman Bandung itu akan dibangun di lahan seluas 14 hektare yang telah disiapkan Pemkab Majalengka di Desa Jatipamor

TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Bupati Majalengka Karna Sobahi dengan Sekda 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka telah melakukan MOU dengan Kemendikbud dan Pemprov Jabar untuk membangun kampus 2 Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung di Majalengka.

Rencananya kampus 2 Polman Bandung itu akan dibangun di lahan seluas 14 hektare yang telah disiapkan Pemkab Majalengka di Desa Jatipamor, Kecamatan Panyingkiran.

"Kemarin saya dengan Kemendikbud dan Pak Gubernur mengadakan MOU untuk kampus 2 Politeknik Manufaktur Bandung di Majalengka. Tempatnya sudah disiapkan hampir 14 hektare," ujar Bupati Majalengka, Karna Sobahi saat diwawancarai, Sabtu (27/3/2021).

Karna mengungkapkan, dengan dana sekitar Rp 300 miliar untuk pembangunan kampus 2 Polman di Desa Jatipamor, akan menjadikan Majalengka sebagai pusat pendidikan manufaktur di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan).

"Nanti akan dibuat akademi besar-besaran. Nilainya hampir Rp 300 miliar dari sana, jadi nanti Majalengka akan jadi pusat di Ciayumajakuning untuk pendidikan manufaktur," ucapnya.

Baca juga: Seorang Remaja Tewas Tertabrak Kereta Api Saat Ia Asyik Main TikTok di Rel

Baca juga: Bentuk Dukungan, Keluarga Aura Kharisma di Majalengka Gelar Nobar Final Miss Grand International

Baca juga: PROFIL Doni Monardo, Jenderal Bintang Tiga yang Menangis Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB

Ia menyebutkan, pembangunan kampus 2 Polman tersebut merupakan sebuah rejeki besar bagi pengembangan SDM di Kabupaten Majalengka.

Rencananya kampus 2 Polman akan segera dibangun pada tahun 2021 ini.

"Ini luar biasa, ini rezeki nomplok. Tahun ini kita mulai. Dengan adanya kampus 2 Polman ini tentu kesiapan SDM kita akan semakin banyak, semakin kuat, semakin tinggi. Makanya kita minta prioritas," jelas dia.

Karna juga menjelaskan, kampus 2 Polman nanti akan menghadirkan program-program kecakapan hidup yang mampu menghasilkan lapangan kerja yang diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran.

"Jadi programnya lebih mengarah kepada kecakapan hidup. Yang menghasilkan lapangan kerja nantinya. Sehingga tingkat pengangguran di Ciayumajakuning menghadapi Rebana Metropolitan itu akan terpenuhi," katanya.

Terpisah, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana menambahkan, keberadaan kampus 2 Polman di Majalengka harus benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan skill dan ilmu pengetahuan SDM. 

"Itu peluang yang besar dan harus dimanfaatkan Majalengka karena kalau Majalengka mau maju tanpa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi saya kira nonsens. Jadi polman itu salah satunya untuk membentuk skill SDM Majalengka untuk bisa bersaing," ujar Tarsono.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved