Breaking News:

Waktu Pakai Gadget di Jabar Naik Saat Pandemi, Banyak yang Stres Akhirnya Konsultasi ke RSJ Cisarua

Selain itu, beredarnya informasi palsu dan berita bohong kian menciptakan ketakutan serta meningkatkan kekhawatiran secara berlebihan

TribunJabar.id/Hilman Kamaludin
Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan berdasarkan survei Puslitbangkes Kemenkes 2020, 6,8 persen masyarakat Indonesia mengalami gangguan cemas.

Dari angka tersebut, 85,3 persennya belum pernah memiliki riwayat gangguan psikiatri sebelumnya.

Dari data itu, hampir 8 persen berasal dari Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Hal ini, katanya, dinilai relevan dengan peningkatan jumlah pasien yang mengalami gangguan cemas ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jabar.

"Tekanan psikologis juga sangat berat, tingginya angka kematian oleh Covid-19, informasi ketidakjelasan kapan situasi pandemi akan berakhir, belum hadirnya vaksin, isu isolasi sosial, stigma, kehilangan pekerjaan, perubahan cara belajar mengajar, dan tingginya juga kekerasan rumah tangga sebagai dampak terjadinya perceraian itu adalah sesuatu yang tidak bisa kita sepelekan," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, melalui webinar bertajuk "Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi", Rabu (7/10).

Selain itu, beredarnya informasi palsu dan berita bohong kian menciptakan ketakutan serta meningkatkan kekhawatiran secara berlebihan. Karena itu, kedewasaan dalam pemanfaatan media sosial harus terus dikampanyekan.

Pandemi juga, katanya turut menyasar aktivitas pendidikan anak dan remaja. Berbagai kendala dirasakan para orang tua dan siswa ketika menjalani pembelajaran daring.

"Juga pada anak-anak ada sistem yang mengharuskan menjalani pendidikan di rumah atau jarak jauh. Ini juga membuat stres kepada anak dan orang tua apalagi keterbatasan internet dan lainnya. Sungguh sangat memprihatinkan," tuturnya.

Pemrov Jabar sendiri, kata Kang Emil, sudah menyiapkan krisis center di RSJ Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di Cisarua Kabupaten Bandung Barat dan Grha Atma di Kota Bandung sebagai respons cepat kegawatdaruratan jiwa seperti potensi bunuh diri.

Ancaman Buruh di Sumedang, Bilang Mau Bikin Kerusuhan Kalau UU Cipta Kerja Gak Dibatalkan

Demo Tolak UU Cipta Kerja di Purwakarta Berujung Ricuh, Gedung DPRD Sampai Berantakan Dilempari Batu

Polisi Dihujani Batu, Massa yang Merusuh Kabur ke Dago, Lanjut Ricuh di Depan Gedung DPRD Jabar

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved