Breaking News:

Hari Mangrove Sedunia

Cerita Mahasiswa Belajar di Hutan Mangrove Indramayu, Sempat Mabuk Laut Naik Perahu Menyusuri Sungai

Kawasan Hutan Mangrove Desa Pabean Udik Kecamatan/Kabupaten Indramayu menjadi alternatif lain sebagai edukasi wisata.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Para aktivis lingkungan dan pelajar saat menanam Mangrove Tancang atau Bruguiera gymnorrhiza di Kawasan Hutan Mangrove Desa Pabean Udik, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Minggu (26/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kawasan Hutan Mangrove Desa Pabean Udik Kecamatan/Kabupaten Indramayu menjadi alternatif lain sebagai edukasi wisata.

Meski belum dibuka secara resmi untuk wisata, namun kawasan hutan mangrove setempat sangat cocok untuk dijadikan media pembelajaran.

Banyaknya tanaman mangrove berusia remaja tumbuh di sana membuat masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang tanaman bakau yang satu ini bisa belajar secara langsung.

Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah, Lengkap Dengan Jadwal Puasa Dzulhijjah Jelang Idul Adha

Para pegiat lingkungan dan pelajar saat menanam Mangrove Tancang atau Bruguiera gymnorrhiza di Kawasan Hutan Mangrove Desa Pabean Udik, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Minggu (26/7/2020)
Para pegiat lingkungan dan pelajar saat menanam Mangrove Tancang atau Bruguiera gymnorrhiza di Kawasan Hutan Mangrove Desa Pabean Udik, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Minggu (26/7/2020) (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Salah seorang mahasiswa asal Cirebon, Siti Sholeha (21) mengaku senang bisa mengunjungi langsung kawasan hutan mangrove yang masih dalam pengembangan.

"Hari ini kita mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa mengenai cara memelihara mangrove bagaimana, terus juga dijaga bagaimana mangrovenya," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (26/7/2020).

Siti Sholeha menceritakan, tidak mudah untuk mencapai lokasi setempat.

Potensi Ekonominya Besar, Hutan Mangrove Indramayu Diharapkan Bisa Dicontoh Daerah Lainnya di Jabar

Dia bersama pelajar dan aktivis lingkungan lainnya mesti menyusuri sungai dulu menggunakan perahu.

Sepanjang sungai pun ia melihat beragam tanaman mangrove yang tumbuh subur.

Di kawasan hutan juga terlihat banyak hewan-hewan, seperti burung, ikan, dan lain sebagainya sehingga ekosistem alam sangat terjaga.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved