Breaking News:

Kesenian

Seniman di Indramayu Kembali Unjuk Kebolehan, Lewat Pertunjukan Virtual 'Sayangi Ibu Bumi'

Melalui Pertunjukan Virtual Geliat Seni yang digelar Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah secara langsung di media sosial facebook,

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Penampilan tari topeng kelana saat pertunjukan virtual yang mengangkat cerita Sayangi Ibu Bumi di Desa Pekandangan, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Sabtu (4/7/2020) malam. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Para seniman di Kabupaten Indramayu mulai kembali unjuk kebolehan pasca-meredup selama beberapa bulan terakhir akibat pandemi Covid-19.

Melalui Pertunjukan Virtual Geliat Seni yang digelar Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah secara langsung di media sosial facebook, para seniman itu bisa kembali menghibur masyarakat.

Pada malam minggu ini, pertunjukan virtual mengangkat cerita Sayangi Ibu Bumi yang berkolaborasi bersama pendongeng keliling Samsudin atau yang biasa disapa “Uncle Sam” dan diiringi oleh Nayaga Cilik atau pemain gamelan cilik hasil binaan PT Pertamina EP Jatibarang Field.

INI Aturan Penyembelihan Hewan Kurban saat Pandemi Corona, Panitia Wajib Kenakan Sarung Tangan

Pertunjukan, awalnya dibuka dengan penampilan Tari Topeng Kelana secara langsung. Pertunjukan itu hingga akhir acara bahkan sudah ditonton oleh ratusan orang.

Ketua Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah, Aerli Rasinah mengatakan, digelarnya pertunjukan virtual bertujuan agar para seniman bisa kembali bersinar.

Kegiatan ini pun mendapat dukungan dari Pertamina EP Jatibarang Field dan Pemerintah Kabupaten Indramayu sehingga dapat menjadi wadah bagi para seniman di Kabupaten Indramayu berekspresi di tengah pandemi.

Siapkan Kuota Internet, Menteri Nadiem Makarim Akan Permanenkan Program Belajar dari Rumah

"Pertunjukan ini sengaja kita gelar agar seniman bangkit dan bisa terus berekspresi," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di Sanggar Mimi Rasinah di Desa Pekandangan, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Sabtu (4/7/2020) malam.

Selain itu, digelarnya pertunjukan ini sekaligus menjadi suplemen yang berusaha disajikan oleh para seniman kepada masyarakat dalam memberi semangat kepada masyarakat untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

Aerli Rasinah yang sekaligus cucu dari Maestro Tari Topeng Mimi Rasinah menyampaikan, pada kesempatan itu pihaknya juga membuka donasi bilamana ada masyarakat yang ingin menyisihkan sebagian hartanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved