Breaking News:

Hari Jadi Majalengka

Tak Ada Pesta Meriah di Tengah Pandemi Covid-19, Hari Jadi Majalengka Hanya Diisi Kegiatan Ini

Namun, peringatan itu tidak diisi dengan kegiatan pesta semarak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Tugu Bola Dunia di Bunderan Munjul, Kelurahan Munjul, Kabupaten Majalengka menjadi spot selfie terbaru di Kabupaten Majalengka. 
Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto
TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Kabupaten Majalengka resmi memperingati hari jadi pada tanggal 7 Juni 2020 ke-530 kemarin.
Namun, peringatan itu tidak diisi dengan kegiatan pesta semarak seperti tahun-tahun sebelumnya.
Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman mengatakan pada tahun ini, HUT ke-530 Majalengka hanya diisi dengan dua kegiatan, yaitu rapat paripurna dan ziarah ke makam pahlawan.
Kondisi ini disebabkan, Majalengka kini masih menerapkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah Pandemi Covid-19.
"Tahun ini kita sedang berada di tengah Pandemi Covid-19, oleh karena itu dalam memperingati hari jadi Majalengka, kita tetap melaksanakan kegiatan tapi tidak seperti tahun kemarin yang meriah. Kita hanya berziarah ke makam leluhur Majalengka dan rapat paripurna. Semuanya sudah diselenggarakan pada Minggu kemarin," ujar Eman kepada Tribuncirebon.com, Senin (8/6/2020).
Ia menjelaskan, saat ziarah makam ke leluhur Majalengka, yaitu Pangeran Muhamad dan makam Mbah Badori, seluruh pejabat Forkopimda turut andil dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
Hal itu, sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun dalam peringatan hari jadi kota angin.
"Kemarin, rapat paripurna diselenggarakan secara terbuka di Gedung DPRD Majalengka yang dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, unsur Forkopimda, Kapolres, Dandim 0617, Danlanud S Sukani, Danyonif Raider 321/GT, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, para Kepala OPD, Direktur BUMD, para Mantan Bupati dan Wakil Bupati, Sekda, serta para tamu undangan lainnya," ucapnya.
Sementara, Bupati Majalengka Karna Sobahi menyampaikan, bahwa berdasarkan tradisi yang dijalankan dari tahun ke tahun, pelaksanaan rapat paripurna DPRD itu biasanya dilaksanakan di pendopo Gedung Negara Kabupaten Majalengka.
Namun, menyikapi kondisi saat sekarang, peringatan hari jadi ini berada dalam suasana, rasa dan keadaan yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.
"Meskipun kita berada dalam situasi dan kondisi pandemi virus corona, akan tetapi kesederhanaan suasana peringatan hari jadi tersebut harus tetap memberi makna dan semangat bagi kita untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Majalengka," jelas Bupati.
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved