Ibadah Haji 2020 Dibatalkan

Ridwan Kamil Merasa Sedih Tak Bisa Berangkat Haji Tahun Ini, Batal Jadi Amirul Hajj Jawa Barat

Ini mengindikasikan Pemerintah Arab Saudi menghitung betul potensi yang masih rawan jika jutaan manusia berkumpul

ISTIMEWA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di acara GovInsider Innovation Awards 2019 di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Asia Pasifik Bangkok, Thailand, Rabu (16/10/19). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan merasa sangat bersedih karena dirinya bersama masyarakat Jawa Barat batal berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

Padahal rencananya, gubernur yang akrab disapa Emil ini akan menjadi Amirul Hajj Jawa Barat tahun ini, setelah Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menjadi Amirul Hajj Jawa Barat tahun lalu.

"Saya mendapat berita sedih karena tadinya saya akan berangkat haji juga. Lahir batin sudah disiapkan sejak tahun lalu. Ternyata Allah menakdirkan lain. Jadi saya tak bisa berangkat. Juga artinya seluruh rombongan haji Jabar dengan berat hati kami sampaikan berita ini," kata Emil di Bandung, Selasa (2/6).

Emil meminta para calon haji untuk bersyukur saat dalam kebahagiaan dan bersabar saat mendapat kesulitan. Emil mengingatkan hal ini adalah ujian bagi para calon haji yang harus diterima dengan lapang dada. Hal ini pun harus dilakukan dirinya yang tertunda untuk menjadi Amirul Hajj Jabar.

"Bersyukurlah saat di atas, dan bersabarlah saat di bawah. Kami sedang mendapatkan ujian. Ini mengindikasikan Pemerintah Arab Saudi menghitung betul potensi yang masih rawan jika jutaan manusia berkumpul, mengelola manajemen kesehatannya kan luar biasa," katanya.

Pihaknya pun memohon kepada para calon jemaah haji yang sudah bersiap untuk berangkat, untuk bersabar dan berdoa supaya bisa diberangkatkan tahun depan.

"Insya Allah diganti tahun depan, bergeser tambah satu tahun. Dan kita lihat konsekuensi terhadap biaya yang telah dikeluarkan dan lain-lain nanti kita akan rapatkan khusus," katanya.

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Fachrul Razi, memastikan keberangkatan jemaah haji tahun 1441H/2020M dibatalkan. Keputusan ini secara tertulis tertuang pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M.

Seru Banget Nih, Begini Cara Mengedit Foto Oplas Challenge di Aplikasi FaceApp, Mau Coba?

Seorang TKW Meninggal di Arab Saudi Saat Melahirkan, Disebut-sebut Asal Desa Loji, Kades Membantah

Wakapolres Purbalingga Wafat, Motor Nyungsep ke Sungai, Padahal Minggu Depan Mutasi ke Polda Jateng

Menindaklanjuti keputusan ini, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI langsung menggelar rapat koordinasi digital dengan mengundang Kantor Wilayah Kemenag Jawa Barat dan Kantor Kemenag di tingkat kabupaten kota, serta Forum KBIHU Jawa Barat, Selasa (2/6).

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved