Tiadakan Kunjungan, Lapas Majalengka Fasilitasi Video Call untuk Komunikasi Warga Binaan & Keluarga

Lapas Kelas II B Majalengka memberikan fasilitas teknologi panggilan video bagi warga binaan yang ingin berkomunikasi dengan keluarga.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Kepala Lapas kelas II B Majalengka, Suparman, didampingi Kasie Binaan Lapas, Heryana 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALEGKA- Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia membuat Lapas Kelas II B Majalengka mengeluarkan kebijakan untuk mentiadakan kunjungan bagi para narapidana.

Sebagai gantinya, Lapas yang beralamat di Jalan KH Abdul Halim itu memberikan fasilitas teknologi panggilan video bagi warga binaan yang ingin berkomunikasi dengan keluarga.

Ada Wabah Virus Corona, 39 Narapidana di Lapas Majalengka Bebas Lebih Cepat

Kepala Lapas Majalengka, Suparman mengatakan dalam mencegah penyebaran Covid-19 pihaknya mentiadakan kunjungan ke Lapas II B Majalengka.

Aplikasi whatsapp melalui panggilan video akan menjadi fasilitas yang diberikan Lapas untuk mengubungi sanak keluarga tanpa biaya apapun.

Pria di Cianjur yang Bakar Rumah Orang Tuanya Diduga Emosinya Tak Stabil

Cegah Penyebaran Covid-19, Pertamina MOR III Semprot Disinfektan ke 151 SPBU di Wilayah III Cirebon

"Kami tetap memudahkan bagi para keluarga yang ada anggota keluarganya berada di Lapas, yaitu memberikan fasilitas video call. Jadi bisa tetap berkomunikasi walau meniadakan kunjungan langsung," ujar Suparman kepada Tribuncirebon.com, Jumat (3/4/2020).

Dirinya menyampaikan, pihaknya juga tidak ingin membebani para warga binaan dalam berkomunikasi dengan keluarganya.

Walau bagaimanapun, di tengah mewabahnya Covid-19 dan menjelang bulan puasa ini, banyak pemudik yang sudah pulang ke kampung halaman.

Wali Kota Bandung Pilih Daerah Cikadut Jadi Tempat Pemakaman Jenazah Pasien Positif Covid-19

"Hitung-hitung kami memberikan keringanan untuk para warga binaan, bertemu dengan keluarga meski hanya video call, anggap seperti orang pada umumnya yang kini pada mudik," ucapnya.

Sementara, Suparman memberikan imbauan, bahwa adanya Covid-19 ini, agar para warga binaan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Salah satunya, berjemur di pagi hari yang dinilai bisa mematikan virus mematikan tersebut.

"Adapun imbauan bagi warga binaan untuk jaga kesehatan selama masa wabah ini ada dan selalu mengikuti ketentuan dari Pemerintah yang terus kami informasikan tentunya," kata Kalapas.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved